Liga 1 Berlanjut, 3 Klub Bidik Sultan Agung Bantul Jadi Homebase

Persija, PSM dan Bali United bakal berkandang di SSA Bantul

Bantul, IDN Times - ‎Stadion Sultan Agung (SSA) di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta menjadi bidikan klub besar yang berlaga di Liga 1 PSSI sebagai homebase sementara untuk lanjutan Liga 1 yang sempat terhenti akibat pandemik COVID-19.

Baca Juga: PSSI Coret Stadion Mandala Krida Karena Merapi, Ini Komentar Sultan

1. Tiga klub Liga 1 telah mengajukan izin homebase di SSA Bantul‎

Liga 1 Berlanjut, 3 Klub Bidik Sultan Agung Bantul Jadi HomebaseInstagram

Kasi Sarpras Disdikpora Bantul, Bagus Nur Edy Wijaya mengatakan pihaknya sudah menerima surat permohonan untuk menggunakan SSA sebagai homebase sementara dari Bali United, Persija Jakarta, dan PSM Makassar.

"Ada tiga klub Liga 1 yang sudah mengajukan surat untuk berhome base di SSA," katanya, Jumat (24/7/2020).

2. Kondisi rumput SSA terjaga dan tersedia fasilitas untuk cuci tangan‎

Liga 1 Berlanjut, 3 Klub Bidik Sultan Agung Bantul Jadi HomebaseInstagram/persijajkt

Meski sudah mengajukan surat secara resmi, namun Bagus mengaku belum bisa memastikan apakah akan diizinkan oleh Bupati Bantul atau tidak. Dalam waktu dekat ini para pengurus klub akan bersilaturahmi dengan Bupati Bantul terlebih dahulu.

"Ya mereka akan sowan ke Bupati dulu untuk meminta izin secara langsung," katanya.

SSA sendiri, kata Bagus, kondisi rumputnya masih terjaga dengan baik, pengelola juga menyiapkan fasilitas untuk protokol kesehatan COVID-19.

"Ada 6 titik untuk tempat cuci tangan. Penyemprotan disinfektan secara intensif telah kami lakukan," ujarnya.

3. Pemberian izin SSA untuk Liga 1 harus dirapatkan lebih dulu

Liga 1 Berlanjut, 3 Klub Bidik Sultan Agung Bantul Jadi HomebaseSekda Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Helmi Jamharis. IDN Times/Daruwaskita

Sementara Sekda Kabupaten Bantul, Helmi Jamharis belum bisa memastikan akan memberikan izin penggunaan SSA sebagai lokasi untuk perhelatan pertandingan lanjutan Liga 1 2020. 

"Sampai saat ini kami belum menerima surat resmi klub Liga 1 yang akan ber-homebase di SSA,"ujarnya.

Tentunya jika surat sudah masuk maka pihaknya akan berkoordinasi dan melakukan rapat dengan melibatkan Disdikpora, Polres, Kodim dan KONI Bantul.

"Keluar tidaknya izin penggunaan SSA untuk lanjutan Liga 1 nanti akan dirapatkan dan diputuskan bersama," terangnya.

4. Lanjutan Liga 1 akan dimulai bulan Oktober

Liga 1 Berlanjut, 3 Klub Bidik Sultan Agung Bantul Jadi HomebaseKetua Umum PSSI, Mochammad Iriawan dalam acara ramah tamah dan bincang seputar persiapan Piala Dunia U20 2021 di Rumah Dinas Walikota Surabaya (10/2). IDN Times/Tarida Alif

Sebelumnya Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, Liga Indonesia akan digelar rencananya pada bulan Oktober 2020 yang akan datang namun perlu adanya kerja sama antar seluruh komponen sepak bola, khususnya terkait penerapan protokol kesehatan.

"Kompetisi sepak bola Liga Indonesia akan digulirkan pada bulan Oktober 2020 dengan syarat menerapkan protokol kesehatan yang harus dipatuhi seluruh komponen sepak bola, federasi, klub hingga suporter," katanya, di Jakarta Rabu (22/7/2020).

Ia menambahkan, PSSI telah membuat protokol kesehatan pertandingan sepak bola dan akan memberlakukan tes swab kepada seluruh orang terlibat dalam tiap pertandingan.

"Kami telah membuat protokol kesehatan dengan bantuan tim dokter dan tim pengkajian di PSSI dan menganggarkan test swab serta diputuskan tanpa adanya penonton," katanya.‎

Baca Juga: PSSI Pilih DIY Homebase Tim Luar Jawa, Djanur: Barito Gak Masalah  

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya