Comscore Tracker

Bupati Bantul Izinkan SSA untuk Laga Lanjutan Kompetisi Liga 1 2020 

SSA akan jadi kandang sementara 3 tim Liga 1 2020

Bantul, IDN Times - ‎Stadion Sultan Agung (SSA) di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, dipastikan akan digunakan sebagai salah satu stadion untuk laga lanjutan kompetisi Liga 1 PSSI.

Kepastian tersebut diketahui setelah PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) melakukan audiensi dengan Bupati Bantul, Suharsono pada Rabu (29/7/2020).

Pihak PT LIB yang diwakili Direktur Utama, Akhmad Hadian Lukita memberikan pemaparan kepada Bupati Bantul terkait rencana penggunaan SSA untuk laga lanjutan kompetisi Liga 1 PSSI. Bupati pun memberikan lampu hijau.

Baca Juga: Temui Pemda DIY, PT LIB Dapat Restu Gelar Liga 1 2020

1. PT LIB jamin setiap laga digelar tanpa penonton

Bupati Bantul Izinkan SSA untuk Laga Lanjutan Kompetisi Liga 1 2020 Ilustrasi laga tanpa penonton. (IDN Times/Reynaldi Wiranata)

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikpora Bantul, Joko Surono yang turut serta dalam audiensi tersebut menjelaskan, Bupati Bantul memberikan izin penggunaan SSA untuk laga lanjutan Liga 1 setelah pihak LIB memberikan jaminan tidak akan ada suporter yang hadir setiap laga digelar.

"PT LIB menggaransi pertandingan tanpa penonton. Kemarin PT LIB juga sudah berkoordinasi dengan Kapolda, Gubernur DIY, termasuk soal antisipasi kehadiran suporter dari tim yang akan berlaga di SSA," ungkapnya.

2. Bali United, Persija Jakarta dan PSM akan berkandang sementara di SSA‎

Bupati Bantul Izinkan SSA untuk Laga Lanjutan Kompetisi Liga 1 2020 ANTARA FOTO/Panji Anggoro

Akan ada tiga tim Liga 1 yang akan menjadi homebase di SSA, di antaranya Bali United, PSM dan Persija Jakarta. Bagi Persija Jakarta, SSA bukan stadion yang asing, karena Macan Kemayoran sebelumnya juga pernah berkandang di SSA, bahkan menuai hasil positif.

Namun, kata Joko, kekhawatiran kedatangan suporter dalam kondisi pandemik mendapatkan perhatian khusus. Apalagi Jakmania ada di berbagai kota.

"Intinya kita memegang komitmen PT LIB, sesuai dengan surat yang dikeluarkan PSSI, maka setiap pertandingan Liga 1 yang digelar tanpa penonton. Itu yang kita pegang, sehingga keamanan internal dan di luar stadion akan kami maksimalkan bersama TNI-Polri," ucapnya.

3. Penerapan protokol kesehatan yang ketat kepada seluruh pemain dan offisial tim‎

Bupati Bantul Izinkan SSA untuk Laga Lanjutan Kompetisi Liga 1 2020 Rapid test pemain Arema FC dilakukan dalam dua gelombang berbeda. IDN Times/ Alfi Ramadana

Dengan meningkatkan kasus konfirmasi positif diberbagai daerah termasuk di Bantul diakui Joko menjadi kekhawatiran sendiri dan sudah disampaikan kepada PT LIB supaya sigap menjaga kondisi para pemain.

"Informasi yang kita peroleh, nantinya setiap 14 hari secara rutin, pemain akan menjalani rapid test dan uji swab," terangnya.

Lebih jauh, Joko mengatakan laga lanjutan Liga 1 di SSA akan digelar pada bulan Oktober. Namun, pihaknya belum menerima rundown dari PT LIB selaku operator kompetisi terkait klub mana saja yang akan berlaga di matchday awal.

"Yang jelas 14 hari sebelum laga para pemain sudah tiba di Yogyakarta dan harus mengikuti protokol kesehatan secara ketat. Yang jelas butuh waktu sekaligus untuk adaptasi," katanya.‎

Baca Juga: Sleman Jadi Homebase Klub Liga 1, Kepala Dinkes: Makdeg Saya

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya