Profil Ifan Nanda, Bek Muda Tangguh Andalan PSS Sleman

Tampil apik di Liga 1 2022/2023

Sleman, IDN Times - Ifan Nanda tengah menjadi idola baru publik sepakbola Sleman. Pemain yang berposisi sebagai bek itu, tampil apik selama gelaran Liga 1 2022/2023. 

Pemain berusia 21 tahun tersebut telah  tampil di 10 laga bersama Laskar Sembada dengan torehan satu gol. Dengan postur setinggi 181 cm, membuat Ifan Nanda sangat unggul dalam melakukan duel-duel di lini pertahanan Super Elja.

Lantas siapakah sebenarnya Ifan Nanda? Berikut adalah profil bek muda andalan PSS Sleman tersebut.

1. Pemain kelahiran Kudus, Jawa Tengah

Profil Ifan Nanda, Bek Muda Tangguh Andalan PSS SlemanIfan Nanda Pratama. (instagram.com/ifannanda.p)

Ifan Nanda Pratama lahir di Kudus, Jawa Tengah pada 29 Maret 2001. Ifan, sapaannya, memang lahir dari keluarga sepakbola. Ayahnya dahulu merupakan mantan pemain sepakbola di Kabupaten Kudus.

Ifan mulai menggeluti sepakbola sejak SD dan mulai bergabung dengan sekolah sepakbola di Kudus saat memasuki bangku SMP. Bakat besarnya mulai muncul ketika berhasil menembus skuad Persiku Kudus muda untuk mentas di Piala Suratin 2018.

2. Jebolan akademi PSS Sleman

Profil Ifan Nanda, Bek Muda Tangguh Andalan PSS SlemanIfan Nanda Pratama saat tampil di ajang Piala Presiden 2022 melawan Borneo FC. (instagram.com/ifannanda.p)

Setelah bermain di Piala Suratin bersama Persiku Kudus, Ifan Nanda memutuskan untuk mengikuti seleksi pemain muda di PSS Sleman pada tahun 2019. Hasilnya Ifan Nanda lolos seleksi dan bisa bergabung dengan program PSS Development Center.

Di sana Ifan semakin berkembang dan sempat beberapa kali mengikuti latihan bersama tim senior PSS Sleman.

Baca Juga: 6 Pemain Baru PSS Sleman di Putaran Kedua Liga 1 2022/2023

3. Tidak butuh waktu lama promosi ke tim senior

Profil Ifan Nanda, Bek Muda Tangguh Andalan PSS SlemanIfan Nanda Pratama. (instagram.com/ifannanda.p)

Ifan Nanda tidak butuh waktu lama untuk menembus tim senior Super Elja. Pada tahun 2020 ia resmi bergabung dengan tim utama untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2020/2021.

Setelah hampir dua musim lebih banyak duduk di bangku cadangan, pada musim 2022/2023 Ifan Nanda mulai mendapat kepercayaan dari coach Seto Nurdiantoro untuk tampil sebagai starter. Hasilnya cukup baik meskipun masih muda ia tampil percaya diri di 10 laga dan telah mencetak 1 gol ke gawang Persik Kediri di Liga 1 musim ini.

4. Punya ritual unik sebelum berlaga

Profil Ifan Nanda, Bek Muda Tangguh Andalan PSS SlemanIfan Nanda Pratama saat tampil di Liga 1 melawan Persik Kediri. (instagram.com/ifannanda.p)

Pemain bernomor punggung 78 itu ternyata memiliki beberapa ritual unik sebelum berlaga. Ifan Nanda biasanya meminum vitamin, menelepon orang tua dan mengajak teman-temannya untuk nonton saat ia bermain.  Menurut Ifan dalam wawancara dengan Tiento Indonesia, hal-hal tersebut bisa membuatnya lebih percaya diri saat tampil.

Melihat grafik penampilannya di musim 2022/2023, Ifan Nanda sangat berpotensi menjadi bek andalan PSS Slaman di masa mendatang. Namun, menurut coach Seto dalam sesi konferensi pers selepas melawan Persik Kediri (9/2), Ifan Nanda masih perlu meningkatkan kemampuannya dalam melepaskan bola dan membaca permainan. Semangat terus Ifan!

Baca Juga: Mantan Pemain PSS Cetak 2 Gol, Seto Akui Tak Instruksikan Jaga Ze

Candra Septian Bantara Photo Community Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya