Profil Ajak Riak, Bomber Timnas Sudan Selatan yang Gabung PSS

Muda dan haus gol!

Ajak Riak resmi diperkenalkan sebagai pemain baru PSS Sleman untuk menghadapi paruh kedua Liga 1 2023/2024 (26/11/2023). Pemain berusia 22 tahun tersebut bakal menggantikan posisi Yevhen Bokhashvili sebagai ujung tombak Laskar Sembada. 

Kedatangan pemain Timnas Sudan Selatan tersebut, diharapkan bisa jadi solusi atas tumpulnya sektor depan PSS Sleman pada putaran pertama. Sebab, meskipun usianya masih tergolong muda, Ajak Riak punya catatan gol yang cukup bagus saat tampil di Liga 2 Australia dan Timnas Sudan Selatan sebelum bergabung dengan Super Elang Jawa.

Lantas siapakah sebenarnya sosok Ajak Riak? Berikut adalah profil pemain berambut gimbal tersebut.

1. Mengawali karier di Liga 2 Australia

Profil Ajak Riak, Bomber Timnas Sudan Selatan yang Gabung PSSAjak Riak saat memperkuat Bentliegh FC (instagram.com/ajak_riak)

Ajak Riak lahir di Nairobi, Kenya pada 12 Desember 2000. Saat usianya menginjak belum genap 20 tahun, Ajak Riak hijrah ke Australia dan memperkuat klub Liga 2 Australia, Bayswater City. Sayangnya di awal kariernya, Ajak kurang mendapatkan menit bermain dan sering bergonta-ganti tim, seperti Stirling Lions (2019), Kingsway (2020), Inglewood Utd (2021), dan Bentleigh (2021).

Saat berkostum Bentleigh, Ajak Riak sempat beberapa kali main, mencetak gol dan bisa mempersembahkan 1 Trofi Dockerty Cup pada tahun 2022. Akhirnya pada tahun 2023, ia dipinang oleh South Melbourne dan di klub inilah Ajak benar-benar tampil impresif.

South Melbourne memberinya 12 kali kesempatan tampil, dan Ajak pun mampu membayarnya dengan perolehan 5 gol dan 3 umpan gol. Berkat penampilan apiknya, ia juga berhasil membawa klub berjuluk Gunners tersebut berada di papan atas Liga 2 Australia.

2. Punya atribut lengkap sebagai seorang striker

Profil Ajak Riak, Bomber Timnas Sudan Selatan yang Gabung PSSAjak Riak (jersey biru) saat memperkuat South MelbourneFC (instagram.com/ajak_riak)

Sebagai seorang striker, Ajak Riak punya atribut yang cukup lengkap baik. Dari segi fisik, ia punya postur tinggi menjulang, yakni 195 cm dan badan atletis yang akan sangat menguntungkan saat duel-duel udara. Ia pun juga punya kecepatan yang mumpuni khas pemain asal Afrika.

Kemudian dari segi taktik, Riak merupakan striker yang modern. Tak hanya fokus berada di kotak penalti, Riak di klub-klub sebelumnya sangat aktif membuka ruang, menjadi pemantul, dan finisher yang ampuh. Hal ini membuatnya sangat sulit dikawal dan bisa menjadi senjata mematikan saat timnya kesulitan mencetak gol.

Dua hal inilah yang kurang dimiliki oleh Yevhen Bokhashvili pada putaran pertama silam. Faktor usia yang tidak lagi muda, membuat kecepatan, agresivitas, dan kualitas finishing-nya jauh menurun dibandingkan tahun 2018/2029 saat memperkuat PSS Sleman di musim pertamanya.

Baca Juga: Menang 2-1 atas Barito Putera, PSS Sleman Akhiri Paceklik Kemenangan

3. Pemain aktif Timnas Sudan Selatan

Profil Ajak Riak, Bomber Timnas Sudan Selatan yang Gabung PSSAjak Riak (jersey hijau nomor 15) saat memperkuat Timnas Sudan Selatan (instagram.com/ajak_riak)

Meskipun lahir di Kenya dan punya juga paspor Australia, ternyata Ajak Riak memilih Sudan Selatan sebagai negara yang ia bela. Hal tersebut dikarenakan orang tua Ajak yang ternyata punya darah keturunan dari Sudan Selatan.

Tampil cukup mengesankan di Liga 2 Negeri Kanguru, membuat Riak akhirnya dipanggil Timnas Sudan Selatan dan langsung mendapat debut pada Maret 2023 saat menghadapi Kongo pada ajang Kualifikasi Piala Afrika. Total ia sudah mencatatkan 8 caps dengan torehan 1 gol.

4. Ingin mencetak gol sebanyak-banyaknya dan mengerek posisi PSS Sleman di papan klasemen

Profil Ajak Riak, Bomber Timnas Sudan Selatan yang Gabung PSSAjak Riak (instagram.com/ajak_riak)

Dengan usia yang masih muda, kemampuan yang mumpuni, dan track record-nya cukup bagus di klub sebelumnya, membuat Ajak Riak memikul beban yang tidak ringan sebagai seorang striker. Pemain yang bakal memakai nomor punggung 10 tersebut, selain harus menjalankan tugasnya mencetak gol, juga diharapkan bisa mengerek posisi PSS Sleman di papan klasemen.

Ajak Riak pun punya target pribadi untuk membantu Laskar Sembada mencetak sebanyak mungkin poin dan gol di sisa laga kompetisi Liga 1 musim ini. Terlebih, di sektor depan ia juga bakal didampingi winger yang pernah bermain di Liga Australia, Elvis Kamsobaa, yang seharusnya tidak butuh waktu lama untuk menyamakan chemistry.

Akankah Ajak Riak benar-benar bisa menjadi bomber yang bisa diandalkan PSS Sleman di putaran kedua kali ini? Patut kita tunggu bersama.

Baca Juga: Jadi Juru Gedor Anyar PSS Sleman, Ini Profil Elvis Kamsoba

Candra Septian Bantara Photo Community Writer Candra Septian Bantara

Sehat dan Bahagia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya