8 Hal Ini Jadi Prioritas Pembangunan di Sleman pada 2023

IPM dan IKM di Sleman diklaim meningkat

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Sleman telah merancang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk tahun 2023.

Adapun 8 hal yang menjadi prioritas Pemkab Sleman, meliputi mengurangi kemiskinan, memperkuat ketahanan ekonomi, meningkatkan kualitas kesehatan, meningkatkan kualitas pendidikan, memperkuat infrastruktur untuk mengurangi ketimpangan wilayah, meningkatkan kualitas pelayanan publik, meningkatkan kualitas lingkungan hidup, serta meningkatkan penerapan nilai-nilai budaya di masyarakat.

Baca Juga: Dicurigai Varian Omicron, Sleman Kirim 2 Sampel ke Laboratorium UGM 

1. Menjadi pedoman Renja-PD

8 Hal Ini Jadi Prioritas Pembangunan di Sleman pada 2023dpad.jogjaprov.go.id

Kepala Bappeda Sleman, Dwi Anta Sudibya menjelaskan RKPD Kabupaten Sleman Tahun 2023 merupakan pelaksanaan tahun ketujuh belas dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2006-2025 dan penjabaran tahun ketiga dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026. RKPD ini menjadi pedoman untuk menyempurnakan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja-PD) dalam rangka mempersiapkan PPAS dan Rencana Kerja Anggaran (RKA-PD) Tahun 2023.

Dwi menjelaskan, penyusunan RKPD Tahun 2023 adalah untuk memberikan arah pembangunan tahunan Kabupaten Sleman dan sinergitas program dan kegiatan di daerah, baik yang dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Pemerintah Kabupaten Sleman maupun yang dilaksanakan bersama-sama masyarakat.

“Dengan berpedoman pada arah pembangunan berdasarkan RPJMD Kabupaten Sleman dan kondisi pandemik COVID-19 yang kita harapkan semakin melandai, maka indikasi Tema Pembangunan Tahun 2023 adalah meningkatkan daya saing dan perekonomian rakyat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Sleman,” ungkapnya pada Selasa (18/1/2022).

2. IPM Kabupaten Sleman tahun 2021 cukup baik

8 Hal Ini Jadi Prioritas Pembangunan di Sleman pada 2023Forum Konsolidasi Publik RKPP Sleman. Dok: Humas Pemkab Sleman

Asekda Bidang Administrasi Umum Kabupaten Sleman, Kunto Riyadi mengatakan, rencana pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan diharapkan mampu menjawab permasalahan dan isu-isu strategis yang ada di Kabupaten Sleman serta mampu memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat Sleman.

Menurut Kunto, di tahun 2021, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang merupakan suatu gambaran bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan, juga menunjukkan hasil yang cukup bagus. Perkembangan capaian IPM Kabupaten Sleman menunjukkan pola yang semakin meningkat. IPM Kabupaten Sleman pada tahun 2020 tercatat sebesar 83,84 meningkat menjadi 84,00 pada tahun 2021.

“Secara umum, perkembangan angka ini menggambarkan bahwa kualitas pembangunan manusia yang semakin membaik dari tahun ke tahu,” terangnya.

3. IKM Sleman semakin membaik

8 Hal Ini Jadi Prioritas Pembangunan di Sleman pada 2023Pemberian bantuan sosial kepada anak yatim piatu korban COVID-19. (Dok. Humas Pemkab Sleman)

Selain itu, Kunto menjelaskan jika Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kabupaten Sleman saat ini semakin membaik. IKM merupakan indikator atas kondisi pelayanan publik yang diberikan oleh Pemkab Sleman. Selama kurun waktu lima tahun 2017-2021, IKM Kabupaten Sleman terus meningkat. Pada tahun 2021, IKM Kabupaten Sleman tercatat sebesar 83,37 meningkat dari tahun 2020 sebesar 82,37.

"Peningkatan ini merupakan hasil upaya Pemerintah Kabupaten Sleman memperbaiki fasilitas dan sarana pelayanan publik, inovasi pelayanan, meningkatkan kinerja sumber daya manusia dan meningkatkan kerja sama dengan membangun kolaborasi dengan para pemangku kepentingan lainnya," paparnya.

Baca Juga: Disdik Sleman Akui Mutu Pembelajaran Turun saat KBM Daring

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya