Pelajar Asal Gunungkidul Lolos Seleksi 7 Universitas Mancanegara

Allin juga memperoleh beasiswa dari Kemendikbudristek

Gunungkidul, IDN Times - Allin Alya Yasmin menjadi salah satu pelajar kebanggaan Gunungkidul. Bagaimana tidak? Ia berhasil lolos seleksi di 7 universitas luar negeri. Tak hanya itu, ia juga meraih beasiswa untuk kuliah.

1. Dapat informasi beasiswa dari kakak kelas

Pelajar Asal Gunungkidul Lolos Seleksi 7 Universitas MancanegaraAllin Alya Yasmin (kiri) pelajar asal Gunungkidul yang lolos seleksi di 7 universitas luar negeri. (Dok. Diskominfo Gunungkidul)

Allin membagikan kisahnya yang menginspirasi. Semuanya dimulai saat ia berada di kelas 11, ketika ia mengetahui informasi beasiswa dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Saat itu ada informasi dari kakak kelas, ada Beasiswa Indonesia Maju dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi," ujar dia saat audiensi dengan Bupati Gunungkidul di kantor Sekretariat Gunungkidul, Kamis (31/8/2023).

Perempuan kelahiran 26 Februari 2005 ini menjalani proses pendaftaran yang cukup panjang, termasuk mendaftar di tujuh perguruan tinggi, sesuai dengan persyaratan beasiswa tersebut. Ketujuh universitas tersebut terdiri dari tiga di Australia, dua di Kanada, serta masing-masing satu di Belanda dan Hong Kong. Hebatnya, Allin berhasil lolos seleksi di semua universitas tersebut.

Awalnya, ia tertarik dengan Hong Kong University of Science and Technology, tetapi kemudian memilih Toronto karena dianggap sebagai pilihan terbaik.

"Akhirnya saya pilih ke University of Toronto, Kanada," ungkap warga Budegan II, Kalurahan Piyaman, Wonosari, ini.

2. Kuliah dengan beasiswa

Pelajar Asal Gunungkidul Lolos Seleksi 7 Universitas MancanegaraAllin Alya Yasmin (tengah, jilbab abu-abu) pelajar asal Gunungkidul yang lolos seleksi di 7 universitas luar negeri. (Dok. Diskominfo Gunungkidul)

Selain diterima di universitas impian, Allin juga berhasil meraih Beasiswa Indonesia Maju dari Kemendikbudristek. Kini, ia tinggal menunggu waktu keberangkatan untuk memulai pendidikannya.

"Tahun pertama kuliah akan ambil Life Science, rencananya tahun kedua mau ambil farmasi," kata dia.

Allin mengaku dirinya takkan mencapai hal tersebut jika informasinya tidak sampai padanya. Dirinya pun berkomitmen untuk membawa nama baik Indonesia di luar negeri selama ia menempuh pendidikan.

"Saya tentunya akan kembali lagi ke Indonesia setelah pendidikan saya selesai," katanya.

Baca Juga: Profil Abigail Manurung, Mahasiswa UGM Viral Berchandya

3. Bukti generasi muda punya potensi besar

Pelajar Asal Gunungkidul Lolos Seleksi 7 Universitas MancanegaraAllin Alya Yasmin (tengah, jilbab abu-abu) pelajar asal Gunungkidul yang lolos seleksi di 7 universitas luar negeri. (Dok. Diskominfo Gunungkidul)

Prestasi Allin dalam meraih beasiswa dan peluang belajar di luar negeri juga menjadi sorotan Bupati Gunungkidul, Sunaryanta. Menurutnya, pencapaian Allin menjadi bukti bahwa generasi muda memiliki potensi besar untuk mengejar cita-cita setinggi langit.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga memberikan pesan kepada Allin agar selalu menjaga kesehatan dan mampu beradaptasi dengan lingkungan baru di negeri orang.

"Jaga kehormatan dimanapun kamu berada," imbuh Sunaryanta.

Baca Juga: 10 Ribu Pelajar Bantul Pecahkan Rekor MURI Tari Montro Massal

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya