Dispar Gunungkidul Optimistis Capai Target 154 Ribu Pengunjung

Dispar Gunungkidul Optimistis Raih Target 154.403 Pengunjung

Gunungkidul, IDN Times - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul optimistis target 154.403 pengunjung pada saat libur Lebaran tahun 2022 ini dapat tercapai. Mengingat, jumlah kunjungan wisatawan sejak Senin (2/5/2022) hingga Kamis (5/5/2022) sudah mencapai 134.482 pengunjung atau 87,1 persen.

"Kami optimistis target kunjungan wisatawan sebanyak 154.403 orang dengan pendapatan Rp1,2 miliar akan tercapai. Kami juga optimistis capaiannya akan melebihi target, mengingat masih ada tiga hari ke depan," kata Kepala Dispar Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian, Jumat (6/5/2022) dilansir Antara.

Baca Juga: Libur Lebaran, Dispar Gunungkidul Targetkan 153 Ribu Wisatawan

1. Jumlah kunjungan pada Kamis lebih dari 59 ribu orang

Dispar Gunungkidul Optimistis Capai Target 154 Ribu PengunjungIlustrasi wisatawan yang berkunjung di salah satu pantai di Gunungkidul. (IDN Times/Paulus Risang)

Aldian merinci, wisatawan yang berkunjung ke objek wisata di Gunungkidul pada Senin sebanyak 5.138 orang, Selasa (3/5/2022) 21.736 orang, Rabu (4/5/2022) mencapai 48.364 orang, dan Kamis 59.244 orang. Ia menduga, Kamis adalah puncak kunjungan wisatawan saat libur Lebaran.

"Namun demikian, kami optimistis pada Jumat sampai Minggu, masih banyak wisatawan yang akan berlibur ke Gunungkidul meski tidak sebanyak pada Rabu dan Kamis karena sudah masuk masa arus balik Lebaran," ujarnya.

2. Jalan menuju tempat wisata dipadati wisatawan

Dispar Gunungkidul Optimistis Capai Target 154 Ribu PengunjungIlustrasi kemacetan lalu lintas. (IDN Times/Umi Kalsum)

Aldian menambahkan, pada hari Rabu dan Kamis, jalan menuju sejumlah objek wisata di Gunungkidul dipadati kendaraan wisatawan. Ini seiring dengan tingginya jumlah wisatawan yang berkunjung, terutama ke kawasan pantai.

"Dari Polres Gunung Kidul telah melaksanakan rekayasa lalu lintas menuju objek wisata, diantaranya dengan sistem buka tutup arus wisatawan dengan pengalihan jalur melalui jalur Mulo," ungkapnya.

3. Warung makan raup omzet jutaan

Dispar Gunungkidul Optimistis Capai Target 154 Ribu PengunjungPantai Baron, Pantai di Gunungkidul (piknikwisata.com)

Sebelumnya, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gunungkidul, Sunyoto, menyebut tingkat kunjungan wisatawan di Gunungkidul saat libur Lebaran sudah bisa dibilang pulih. 

"Meski ada pembatasan 75 persen kunjungan wisatawan, ada Lebaran ini ada peningkatan pendapatan signifikan," katanya, Kamis (5/52022) dilansir Antara.

Sementara, salah satu pemilik warung makan di Pantai Baron, Kamilah, mengaku pendapatannya rata-rata mencapai Rp5 juta per hari saat libur Lebaran ini. 

"Melihat jumlah kunjungan wisatawan di Pantai Baron yang hari ini lebih dari 4.000 orang, dan jumlah wisatawan yang mampir ke warung, pendapatan bisa di atas Rp6 juta," katanya.

Baca Juga: Masih Nekat lewat Cinomati, Banyak Kendaraan Gagal Nanjak

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya