Peringati Detik-Detik Proklamasi, 28 EWS Gunung Merapi Akan Dibunyikan

Jangan panik karena bukan peringatan bencana

Sleman, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman akan membunyikan sirene Early Warning System (EWS) Gunung Merapi saat peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia, Kamis (17/8/2023). Total akan ada 28 EWS yang akan dinyalakan sirenenya saat detik-detik proklamasi, pada pukul 10.00 WIB.

"Akan dibunyikan sirene EWS peringatan dini bencana dalam rangka memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia," kata Kepala Pelaksana BPBD Sleman, Makwan, Rabu (16/8/2023).

1. 28 sirine EWS akan dinyalakan saat detik-detik proklamasi

Peringati Detik-Detik Proklamasi, 28 EWS Gunung Merapi Akan DibunyikanBendera Merah Putih. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Makwan menyebut EWS akan dinyalakan tepat pukul 10.00 WIB, seperti halnya waktu proklamasi dibacakan. Penyalaan sirene EWS juga akan dilakukan serentak.

Jumlah sirine yang akan dinyalakan yaitu sebanyak 28. Termasuk sirene EWS milik Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

2. Lokasi EWS yang akan dinyalakan sirinenya

Peringati Detik-Detik Proklamasi, 28 EWS Gunung Merapi Akan DibunyikanGunung Merapi. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

EWS yang akan dinyalakan sirene berlokasi di Kapanewon Pakem yakni di Turgo, Kemiri, Pulowatu, Ngepring, hingga Kaliurang. Lalu, di wilayah Kapanewon Cangkringan, di antaranya di Kalitegah Lor, Kalitengah Kidul, Srunen 1, Srunen 2, Banjarsari dan Ngrangkah. 

Kemudian EWS di Kapanewon Turi yang akan dinyalakan sirenenya yakni di Gandong. EWS di wilayah Kapanewon Ngemplak ada di Kejambon Lor, Ngerdi dan Barak Koripan. 

Baca Juga: Potret Pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa di Klangon Merapi

3. Masyarakat dihimbau tidak panik

Peringati Detik-Detik Proklamasi, 28 EWS Gunung Merapi Akan DibunyikanIlustrasi Panik (IDN Times/Mardya Shakti)

Terkait sirene EWS yang akan dinyalakan serentak pada detik-detik peringatan hari kemerdekaan itu, BPBD Sleman menghimbau masyarakat yang mendengar suara sirene tidak panik.

"Masyarakat dihimbau agar tidak panik," kata Makwan.

Baca Juga: Pemkot Jogja Semarakkan Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya