Comscore Tracker

Terkuak, Ini Identitas Mayat Wanita Paruh Baya di Sungai Opak

Jenazah diambil keluarga untuk dimakamkan di Semarang

Bantul, IDN Times - ‎Identitas jenazah perempuan paruh baya yang ditemukan mengambang di bawah jembatan Kretek Sungai Opak, tepatnya di groundsill sisi barat jembatan pada Minggu (9/8/2020) akhirnya terkuak.

Korban bernama Iin Supriyati, usia 62 tahun asal Semarang, Jawa Tengah. Namun, korban selama ini berdomisili di Jakarta bersama dengan anak-anaknya.

‎"Jadi hasil pemeriksaan sidik jari terhadap mayat tanpa identitas yang ditemukan sungai Opak, sisi barat jembatan Kretek adalah Iin Supriyati warga Jakarta namun asli kelahiran Semarang," kata Kapolsek Kretek, Kompol S Parmin ketika dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (10/8/2020).

Baca Juga: Pencarian Berakhir, 5 Wisatawan Hilang di Pantai Gua Cemara Ditemukan 

1. Pihak keluarga berangkat menuju RS Bhayangkara untuk membawa pulang jenazah‎

Terkuak, Ini Identitas Mayat Wanita Paruh Baya di Sungai OpakIlustrasi rumah sakit (IDN Times/Arief Rahmat)

Pihak penyidik kata Parmin sudah menghubungi pihak keluarga dan saat pihak keluarga dari Jakarta dan Semarang menuju ke RS Bhayangkara Polda DIY untuk membawa jenazah guna dimakamkan di Semarang.

"Kabar terakhir, keluarga korban sudah sampai Klaten untuk mengambil jenazah di RS Bhayangkara Polda DIY untuk dimakamkan di Semarang," ungkapnya.

2. Penyebab korban meninggal dunia masih dalam penyelidikan‎

Terkuak, Ini Identitas Mayat Wanita Paruh Baya di Sungai OpakEvakuasi jenazah yang ditemukan mengapung di Sungai Opak, Kretek, Bantul. IDN Times/Istimewa

Saat dilakukan identifikasi oleh tim Inafis Polres Bantul serta dokter di Puskesmas Kretek, kata Parmin, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban. Namun sebelum ditemukan meninggal dunia di Sungai Opak tepatnya di grondsill sisi barat jembatan Kretek, petugas dari Polsek Kretek yang patroli melihat korban sempat berjalan mondar-mandir di jembatan Kretek.

"Nah untuk kepastian korban meninggal dunia karena bunuh diri atau yang lainnya tentu masih dalam penyelidikan. Belum bisa kita ungkap pasti. Namun yang jelas tidak ada tanda-tanda penganiayaan pada tubuh korban," tuturnya.

3. Kronologi penemuan dan evakuasi jenazah mengapung di Sungai Opak

Terkuak, Ini Identitas Mayat Wanita Paruh Baya di Sungai OpakIlustrasi (IDN Times/Mia Amalia)

Anggota Sarsatlinmas Wilayah III Kabupaten Bantul, Ali Joko Sutanto mengatakan pada Minggu (9/8/2020) sekitar pukul 11.15 WIB pihaknya mendapatkan informasi adanya penemuan jenazah yang mengambang di Sungai Opak tepatnya di groundsill sisi barat jembatan Kretek oleh seorang pemancing.‎

Atas informasi tersebut, tim Sarsatlinmas Wilayah III Bantul melakukan evakuasi korban dari Sungai Opak. Saat dievakuai posisi tubuh korban sudah mengambang di sungai dengan posisi tertelungkup dengan masih menggunakan baju lengkap.

"Korban menggunakan kaos warga krem, sweater warna coklat dan celana jeans ketat warna biru. Di leher korban juga masih membelit kain pantai warna hijau serta di pergelangan tangan kiri masih mengenakan jam," ujarnya.

Secara kasat mata kata Ali, bagian mata, perut korban sudah menggembung dan mengenakan popok orang dewasa. Tiga cincin melingkar di tiga jari tangan kirinya, di jari manis, jari tengah dan jari telunjuk korban.

"Tak jauh dari lokasi penemuan korban juga ditemukan tas koper berukuran kecil yang berisi pakaian," ujarnya.

Baca Juga: 30 Personel SAR Disiagakan di Pantai Gua Cemara dan Pantai Baru

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya