Kena Macet, Miss Universe Switzerland Batal ke Gumuk Pasir

Rombongan terjebak kemacetan di TPR Pantai Parangtritis

Bantul, IDN Times - ‎‎Miss Universe Switzerland, Alia Guindi, batal mengunjungi di Gumuk Pasir Barchan yang berada di Kawasan Pantai Parangkusumo, Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, pada Minggu (20/11/2022) pagi. Hal ini terjadi lantaran rombongan mereka terjebak macet.

1. Rombongan Miss Universe Switzerland terjebak di kawasan TPR Induk Pantai Parangtritis‎

Kena Macet, Miss Universe Switzerland Batal ke Gumuk PasirKemacetan arus lalu lintas di kawasan TPR Induk Pantai Parangtritis. (IDN Times/Daruwaskita)

Kemacetan panjang sempat terjadi di Jalan Parangtritis, tepatnya sebelum dan sesudah Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Induk. Hal ini menyebabkan kendaraan yang membawa rombongan Alia Guindi tak bisa bergerak. Panitia pun membatalkan kunjungan ke destinasi wisata yang hanya ada dua di seluruh dunia ini.

"Saya dapat informasi dari panitia Miss Universe Switzerland bersama rombongan sudah sampai depan TPR Induk Parangtritis namun terjebak kemacetan dan membatalkan kunjungan ke Gumuk Pasir Barchan," ujar salah satu staf Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Bantul, Angga, Minggu (20/11/2022). 

Baca Juga: Hujan Lebat, Pohon Jati di Canden Bantul Timpa Masjid 

2. Sejumlah jurnalis menunggu kedatangan Miss Universe Switzerland sejak pagi hari

Kena Macet, Miss Universe Switzerland Batal ke Gumuk PasirObjek wisata Gumuk Pasir Barchan di Kawasan Pantai Parangkusumo. (IDN Times/Daruwaskita)

Angga mengaku dirinya sudah datang sejak pagi. Bahkan ketika hujan deras masih mengguyur kawasan Pantai Parangtritis. Namun, hingga pukul 10.30 WIB yang merupakan waktu kunjungan Miss Universe Switzerland ke Gumuk Pasir Bachan, rombongan tidak juga tampak.

"Dari pihak panitia kemudian memberikan informasi acara Miss Universe Switzerland bersama rombongan batal karena terjebak macet," ucapnya. "Karena terjebak macek akhirnya rombongan mengalihkan kunjungan ke sentra batik tulis Giriloyo di Imogiri."

Kondisi kemacetan di Jalan Parangtris yang diawali dari Simpang Tiga Ngangkruk sudah nampak sejak pagi hari. Akses jalan utama ke Pantai Parangtritis hingga Pantai Depok ini dipenuhi oleh kendaraan roda dua dari komunitas motor Honda CB yang datang dari berbagai daerah di Pulau Jawa.

"Ribuan bahkan belasan ribu kendaraan roda dua dari komunitas Honda CB sejak pagi sudah masuk ke kawasan pantai. Informasinya ada acara di kawasan Pantai Depok. Tapi pastinya acaranya apa saya kurang tahu," ujar Anang salah satu jurnalis yang memilih pulang setelah acara Miss Universe Switzerland batal dilaksanakan di Gumuk Pasir Barchan.

3. Miss Universe Switzerland akan kunjungi objek wisata lain sesuai jadwal yang disusun‎

Kena Macet, Miss Universe Switzerland Batal ke Gumuk Pasirinstagram.com/arif_josselalu

Sementara, Kasi Promosi dan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan rombongan Miss Universe Switzerland sebenarnya sudah melewati TPR Induk Pantai Parangtritis namun terjebak kemacetan dan tidak bisa sampai ke Gumuk Pasir Barchan.

"Sudah bisa lolos di TPR Induk Parangtris namun tetap saja terjebak kemacetan dan akhirnya rombongan balik arah dan rencananya akan mengunjungi Puncak Becici di Kapanewon Dlingo," ujarnya.

Dinas Pariwisata sendiri berharap, ketika Miss Universe Switzerland bisa mengunjungi Gumuk Pasir Barchan yang hanya ada dua di dunia, bisa mempromosikan destinasi wisata di Bantul ke tingkat dunia.

"Tapi kondisinya memang tidak memungkin, jalan macet akibat dipenuhi kendaraan dari komunitas Honda CB yang kebetulan juga punya gawe di kawasan Pantai Depok. Ya mau bagaimana lagi. Kita juga ikut panitia yang mendatangkan Miss Universe Switzerland ke Bantul," tandasnya.‎

Baca Juga: 2 Tahun Daring, Gelaran Ngayogjazz 2022 Sukses Obati Rindu

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya