Jumlah Wisatawan Berlibur ke Gunungkidul Naik 100 Persen

JJLS selesai dibangun dongkrak kunjungan wisatawan

Gunungkidul, IDN Times - Selama libur Natal dan Tahun Baru 2024, sebanyak 353.868 wisatawan mengunjungi berbagai objek wisata di Kabupaten Gunungkidul.

"Puncak kunjungan wisatawan terjadi pada tanggal 31 Desember 2023 dengan total kunjungan 57.347 orang," ujar Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Oneng Windu Wardana, Rabu (3/1/2023). 

1. Pantai selatan paling banyak dikunjungi wisatawan

Jumlah Wisatawan Berlibur ke Gunungkidul Naik 100 PersenPantai Slili Gunungkidul. (IDN Times/Paulus Risang)

Oneng Windu Wardana mengatakan 300 ribu lebih wisatawan yang berkunjung ke Bumi Handayani sebagian besar wisata di pantai selatan terutama Pantai Pok Tunggal sampai Baron.

"Objek wisata pantai selatan Gunungkidul paling banyak menyumbang jumlah wisatawan yang datang ke objek wisata di Gunungkidul selama libur Nataru," ujar Oneng. 

2. Kunjungan wisatawan melampaui target

Jumlah Wisatawan Berlibur ke Gunungkidul Naik 100 PersenPotret Pantai Pok Tunggal (instagram.com/pantaipoktunggal.id)

Windu menambahkan, jumlah kunjungan wisatawan saat Nataru melonjak hingga 100 persen. "Awal kita menargetkan kunjungan wisatawan selama Nataru sekitar 138.935 namun melonjak hingga 353.868 wisatawan. Target kunjungan wisatawan jauh melebihi target yang kita tetapkan. Bahkan di atas 100 persen dari target yang kita tetapkan," ucapnya.

Baca Juga: Pantai Mesra Gunungkidul, Pantai Eksotis yang Lagi Naik Daun

3. JJLS selesai dibangun tingkatkan jumlah wisatawan

Jumlah Wisatawan Berlibur ke Gunungkidul Naik 100 PersenPembangunan JJLS di Kecamatan Girisubo, Gunungkidul di tahun 2019. (IDN Times/Febriana Sinta)

Sementara itu Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gunungkidul, Sunyoto mengatakan, kenaikan okupasi dipengaruhi beberapa faktor seperti destinasi wisata baru hingga adanya kemudahan akses karena sudah dibukanya JJLS. "Dibukanya JJLS menjadi kebangkitan pariwisata setelah pandemik Covid-19," ucapnya. 
 

Baca Juga: 6 Julukan bagi Jogja, Bukan Cuma Kota Gudeg!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya