Comscore Tracker

Cari Rumput di Laguna Samas, Pak RT Diserang Ribuan Lebah 

Jaket Damkar BPBD Bantul selamatkan korban

Bantul, IDN Times - Ketua RT 58, Tugiman di Padukuhan Ngepet, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Bantul, Tugiman diserang ribuan lebah. Peristiwa terjadi saat mencari rumput di Kawasan Laguna Pengklik Pantai Samas. Sementara rekannya, Dalim berhasil menyelamatkan diri menyeburkan diri ke Laguna Pengklik Pantai Samas.

1. Ribuan lebah menyerang bagian wajah dan kepala

Cari Rumput di Laguna Samas, Pak RT Diserang Ribuan Lebah Lebah mati usai menyengat korban.IDN Times/Daruwaskita

Kejadian nahas berawal saat keduanya sedang mencari rumput untuk pakan ternak sekitar pukul 15.00 WIB. Saat mencari rumput, mendadak ribuan lebah mendekat menyerang bagian kepala dan wajah. 

“Pak Dalim langsung langsung menceburkan diri ke laguna menghindari serangan. Sedangkan Pak Tugiman bertahan di tempat karena tidak sempat melarikan diri,”kata Ketua RT 63 Padukuhan Ngepet, Eko Suseno, Selasa (14/4/2021).

2. Teman korban selamat usai menyeburkan diri ke Laguna Pengklik Pantai Samas

Cari Rumput di Laguna Samas, Pak RT Diserang Ribuan Lebah Laguna Pengklik Pantai Samas. IDN Times/Daruwaskita

Tak bisa melarikan diri, Tugiman mencoba menutupi bagian tubuhnya dengan jaket yang dipakai. Namun sayangnya ribuan lebah sudah menyengat bagian wajah korban.

"Korban hanya tidur tengkurap dan lebah seakan mencari celah untuk menyengat," katanya.

Sementara Dalim nekat menyelamatkan diri dengan terjun ke Laguna Pengklik sehingga lolos dari kejaran lebah liar. "Ya selamat tapi basah semua bajunya. Beruntung Dalim bisa berenang," ujarnya.

 

3. Jaket Damkar BPBD Bantul bisa selamatkan korban

Cari Rumput di Laguna Samas, Pak RT Diserang Ribuan Lebah Baju Jaket Damkar BPBD Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Eko selanjutnya berusaha menolong Tugiman yang tengkurap dengan cara membuat asap untuk menghilangkan lebah.  "Saya bawa jas pemadam milik BPBD Bantul untuk melindungi tubuh korban. Dibantu warga, akhirnya korban bisa dievakuasi ke tempat yang aman," kata Eko yang merupakan mantan PHL Damkar BPDB Bantul. 

Melihat Tugiman dalam kondisi kesakitan, Eko langsung melarikan korban ke RS Elisabeth Ganjuran.

"Tadi sempat berpikir telepon ambulans namun karena kondisi korban sudah lemah saya nekat larikan ke RS Elisabeth Ganjuran," ungkapnya.

Setelah mendapatkan pertolongan dari RS Elisabeth Ganjuran kondisi korban kembali membaik meski wajahnya bengkak.

"Sudah berkurang sakitnya tapi efek dari sengatan lebah, wajah masih bengkak," tuturnya.

4. Ribuan lebah menyerang warga takut memberi pertolongan

Cari Rumput di Laguna Samas, Pak RT Diserang Ribuan Lebah Membuat asap untuk mengusir lebah. IDN Times/Istimewa

Mantan Komandan Posal Pantai Samas, Sersan Mayor. MES  Surawal mengatakan warga sempat takut memberi pertolongan karena ribuan lebah liar berada di sekitar korban. Namun setelah diberikan asap, akhirnya lebah menghilang dan korban bisa diselamatkan.

"Jelas takut karena ribuan lebah jenis kepala atau disebut tawon endas sudah siap menyerang. Beruntung juga ada jaket pemadam milik Pak RT Samas untuk melindungi korban," ujarnya singkat.

 

 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya