ASN Terjerat Korupsi, Pemkab Bantul Tak Beri Bantuan Hukum

Peringatan kepada ASN di Bantul untuk profesional

Bantul, IDN Times - ‎Pemerintah Kabupaten Bantul tidak akan memberikan bantuan hukum kepada salah satu ASN Disdikpora yang menjadi tersanga dan ditahan dalam kasus dugaan korupsi dana perawatan Stadion Sultan Agung.

 

1. Tak berpikir untuk memberikan bantuan hukum

ASN Terjerat Korupsi, Pemkab Bantul Tak Beri Bantuan HukumBupati Bantul Abdul Halim Muslih. (IDN Times/Daruwaskita)

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menegaskan sampai hari ini dirinya tidak berpikir untuk memberikan bantuan kepada tersangka Bagus Nur Wijaya. "Sampai hari ini kita tidak berpikir sejauh itu (memberikan bantuan hukum kepada tersangka), kita serahkan penanganan hukum kepada penegak hukum," katanya, Senin (8/5/2023).

2. Nonaktif dari jabatannya

ASN Terjerat Korupsi, Pemkab Bantul Tak Beri Bantuan HukumIlustrasi ASN (ANTARA FOTO/Teguh Prihatna)

Halim memastikan pasca ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan, maka status kepegawaiannya diubah menjadi nonaktif. "Sedangkan apakah yang bersangkutan masih akan menjadi PNS atau tidak, masih menungga putusan inkrah dari pengadilan. Kita akan menunjuk Plt untuk menggantikan yang bersangkutan,"ucapnya.

Baca Juga: Korupsi Perawatan Stadion Sultan Agung, ASN Disdikpora Bantul Ditahan 

3. ASN harus profesional dan taat hukum‎

ASN Terjerat Korupsi, Pemkab Bantul Tak Beri Bantuan Hukumilustrasi menolak korupsi dan suap (Freepik/atstock_productions)

Politisi PKB ini menegaskan kasus korupsi yang menjerat ASN di Pemkab Bantul menjadi peringatan agar tidak main-main dengan pengadaan barang dan jasa.  "Sekali lagi, ASN harus profesional. Era penegakan hukum semakin kuat, semakin ketat. Apa yang telah terjadi ini menjadi cambuk untuk memunculkan kesadaran tentang penting profesionalisme dan taat aturan,"tandasnya.

"Kami serahkan sepenuhnya kasus hukum ini kepada aparat penegak hukum," imbuhnya.‎

Baca Juga: Korupsi Stadion Sultan Agung, JCW : Jangan Berhenti hanya 1 Tersangka

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya