921 Calon Haji dari Bantul Berangkat ke Tanah Suci Tahun Ini

Calhaj tertua berusia 95 tahun

Bantul, IDN Times - ‎Jumlah kuota haji asal Kabupaten Bantul pada musim haji tahun 2023 kembali normal seperti sebelum pandemik. Tahun ini, Bantul memperoleh kuota 921 calon jemaah haji.

"Tahun ini akan ada 921 calon jemaah haji dari Bantul yang akan diberangkatkan ke tanah suci," kata Kepala Seski Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bantul, Ahmad Mustafid, Jumat (24/2/2023).

1. Calon jemaah haji yang diberangkatkan rata-rata mendaftar haji tahun 2012

921 Calon Haji dari Bantul Berangkat ke Tanah Suci Tahun IniIlustrasi jemaah haji. (dok. Angkasa Pura I)

Calon jemaah haji yang akan diberangkatkan tahun ini rata-rata telah melakukan pendaftaran haji sejak 2011 silam sehingga masa tunggu diberangkatkan haji selama 12 tahun.

"Dari 921 calon jemaah haji yang diberangkatkan tahun ini banyak mendaftar tahun 2011 dan ada sedikit yang mendaftar ditahun 2010," ungkapnya.

Baca Juga: Segini Estimasi Kuota Haji Kota Yogyakarta Tahun 2023

2. Tak ada lagi batasan usia calon jemaah haji‎

921 Calon Haji dari Bantul Berangkat ke Tanah Suci Tahun IniIlustrasi jemaah calon haji Indonesia (IDN Times/Umi Kalsum)

Kepala Kemenag Bantul, Ahmad Shidqi, mengatakan selain jumlah kuota calon jemaah haji sudah kembali normal, usia calon jemaah haji juga tidak lagi dibatasi seperti saat pandemik.

Menurutnya kuota haji yang diberangkatkan 1 orang per seribu muslim. Namun masyarakat yang mendaftar haji di Kabupaten Bantul dari tahun ke tahun terus bertambah. Bahkan daftar tunggu haji saat ini mencapai 30 ribu orang dengan masa tunggu 32 tahun.

"Jadi kalau masyarakat yang mendaftar haji tahun ini baru bisa berangkat 32 tahun mendatang," ungkapnya.

3. Calon jemaah haji yang diberangkatkan paling tua berusia 95 tahun‎

921 Calon Haji dari Bantul Berangkat ke Tanah Suci Tahun IniIlustrasi jemaah haji (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Kepala Bagian Kesra, Setda Bantul, Pambudi Arifin Rahman, mengatakan calon jemaah haji yang terdaftar dan akan diberangkatkan tahun ini usia paling tua 95 tahun dan paling muda 19 tahun.

"Pemda Bantul telah menggelar kegiatan taaruf haji yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada calon jemaah haji untuk mengenal satu sama yang lain. Selain itu acara juga ditujukan untuk ajang tukar menukar informasi terkait ibadah haji," katanya.‎

Baca Juga: Operasi 2 Pekan, Polres Bantul Tindak Ribuan Pelanggar

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya