TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Partai di Sleman Jagokan Harda Kiswaya di Pilkada 2024

Masih buka peluang bagi parpol lain gabung usung Harda

Koalisi Sleman Bersatu usung Harda Kiswaya di Pilkada Sleman 2024. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Sleman, IDN Times - Sebanyak lima partai politik (parpol) di Kabupaten Sleman, membentuk koalisi jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, yaitu Gerindra, Golkar, PKS, PPP dan NasDem.

Pembentukan Koalisi Sleman Bersatu (KSB) secara resmi dideklarasikan di Kantor DPD Golkar Sleman pada Kamis (18/7/2024). Koalisi mengumumkan mantan Sekda Sleman, Harda Kiswaya sebagai sosok bakal calon bupati Sleman yang diusung.

"Kami lima partai sepakat mengusung Pak Harda Kiswaya," kata Ketua DPC Gerindra Sleman HR Sukaptana, Kamis (18/7/2024).

 

 

1. Ini alasan parpol dukung Harda Kiswaya

Latar belakang KSB mengusung Harda adalah rekam jejak atau pengalamannya selama berada di pemerintahan. Harda yang baru pensiun dari ASN awal tahun ini dianggap memahami dinamika masyarakat di Sleman.

"Alasan yang sangat mendasar karena Pak Harda Kiswaya, adalah putra daerah asli kelahiran Sleman. Ini yang menjadi kami lima partai ini, bahkan ada yang gabung dari Partai Ummat, ingin Sleman itu tidak ngene-ngene wae seperti slogan kami," ujar Sukaptana. 

2. Belum tutup pintu, persilakan parpol lain merapat

Sukaptana mengatakan, kelima parpol membentuk koalisi lantaran kekurangan perolehan kursi sehingga tak mampu mengusung calonnya sendiri. Ia memastikan KSB masih membuka peluang bagi parpol lain untuk bergabung ke dalam koalisi dan mengusung Harda Kiswaya di Pilkada 2024.

"Tadi sudah saya utarakan KSB masih membuka ruang untuk partai manapun untuk bergabung dengan KSB. entah itu PAN, PKB, atau PDIP," pungkasnya.

Baca Juga: Kejati DIY Tangkap DPO Penipuan Sertifikat Tanah di Sleman

Verified Writer

Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya