Nelayan Tenggelam di Sungai Opak Ditemukan di Hari Ketiga Pencarian

Korban ditemukan di Pantai Pandansimo

Intinya Sih...

  • Tim SAR Gabungan menemukan nelayan tenggelam Mujana (56) di Pantai Pandansimo setelah 3 hari pencarian.
  • Korban dievakuasi dari laut ke pantai dan jenazah dibawa ke posko Tim SAR Gabungan untuk identifikasi.
  • Jenazah dinyatakan sebagai Mujana warga Padukuhan Karanganyar Kalurahan Gadingharjo Kapanewon Sanden yang tenggelam di Muara Sungai Opak.

Bantul, IDN Times - Tim SAR Gabungan akhirnya menemukan Mujana (56) seorang nelayan yang tenggelam di muara Sungai Opak pada Kamis (12/9/2023). Penemuan itu terjadi pada hari ketiga pencarian yakni Sabtu (14/9/2024).

Korban ditemukan mengapung di Pantai Pandansimo, Kapanewon Srandakan atau sekitar tujuh kilometer dari pertama kali korban tenggelam dan hilang.

1. Tim SAR Gabungan melihat korban terapung di tengah laut

Nelayan Tenggelam di Sungai Opak Ditemukan di Hari Ketiga PencarianTim SAR Gabungan evakuasi jenazah nelayan yang tenggelam dan hilang di muara Sungai Opak.(Dok. Basarnas Yogyakarta)

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul, Nugroho, menjelaskan penemuan korban berawal saat Tim SAR Gabungan melakukan penyisiran dari tepi di Pantai Pandansimo. Tim SAR kemudian melihat ada benda yang mengapung di laut yang diduga merupakan jenazah dari korban

"Tim SAR Gabungan selanjutnya mengevakuasi korban dari tengah laut dengan cara berenang hingga berhasil dievakuasi ke daratan atau pantai," ucapnya, Sabtu (14/9/2024).

2. Kondisi korban saat ditemukan

Nelayan Tenggelam di Sungai Opak Ditemukan di Hari Ketiga PencarianIlustrasi jenazah (IDN Times/Mia Amalia)

Korban berhasil dievakuasi ke pantai sekitar pukul 10.23 WIB. Selanjutnya jenazah dibawa ke posko Tim SAR Gabungan untuk dilakukan identifikasi oleh petugas dari INAFIS Polres Bantul.

"Sudah dipastikan jenazah adalah Mujana warga Padukuhan Karanganyar Kalurahan Gadingharjo Kapanewon Sanden yang tenggelam dan hilang di Muara Sungai Opak saat menjaring eret," tuturnya.

Kondisi jenazah sendiri saat ditemukan sudah tidak menggunakan pakaian dan celana. Selain itu, kulit sudah mulai mengelupas dan ada sejumlah luka dalam tubuh korban akibat gesekan ketika berada di laut.

"Tapi yang jelas secara kasat mata masih bisa diketahui korban adalah Mujana dan hampir sebagian besar anggota SAR Satlinmas mengenal korban," terangnya.

Baca Juga: Warga yang Alami Gejala Keracunan di Patalan Bantul Capai 160

3. Tim INAFIS Polres Bantul pastikan identitas korban adalah Mujana

Nelayan Tenggelam di Sungai Opak Ditemukan di Hari Ketiga PencarianTim SAR Gabungan evakuasi jenazah nelayan yang tenggelam dan hilang di muara Sungai Opak.(Dok. Basarnas Yogyakarta)

Lebih lanjut Nugroho mengatakan setelah dilakukan indentifikasi dan dipastikan jenazah diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan dan anak dari korban juga berada di posko Tim SAR Gabungan.

"Dengan ditemukannya korban maka operasi pencarian dan pertolongan resmi ditutup," katanya.

Baca Juga: Mengintip Tradisi Merti Dusun Sendangsari Dlingo Bantul

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya