KA Mutiara Selatan Berhenti Luar Biasa di Klaten Gegara Gangguan Rem

Gangguan berdampak pada 8 perjalanan KA

Intinya Sih...

  • KA Mutiara Selatan (85A) mengalami gangguan pada sistem pengereman lokomotif, menyebabkan keterlambatan selama 124 menit.
  • Gangguan tersebut juga berdampak pada jadwal perjalanan KA lainnya, seperti KA Malabar, Bima, Manahan, Sancaka, KRL Yogyakarta-Solo, Jaka Tingkir, Turangga, dan Malioboro Ekspress.
  • PT KAI Daop 6 Yogyakarta meminta maaf kepada pelanggan dan memberikan service recovery serta kompensasi sesuai ketentuan berlaku.

Yogyakarta, IDN Times - PT KAI Daop 6 Yogyakarta melaporkan keterlambatan pada sejumlah perjalanan kereta api, hari ini Sabtu (14/9/2024). Hal ini dipicu saat KA Mutiara Selatan (85A) jurusan Bandung melalaui gangguan pada Jumat (13/9/2024) malam.

1. Gangguan pengereman KA Mutiara Selatan

KA Mutiara Selatan Berhenti Luar Biasa di Klaten Gegara Gangguan RemKA Taksaka melintas di wilayah PT KAI Daop 6 Yogyakarta. (dok. PT KAI Daop 6 Yogyakarta)

Manajer Humas KAI Daop 6 Krisbiyantoro mengatakan, KA Mutiara Selatan mengalami gangguan pada sistem pengereman lokomotif. Akibatnya, KA harus berhenti luar biasa (BLB) di jalur antara Stasiun Ceper dan Klaten KM 135+0 pada Jumat, pukul 22.10 WIB.

"Upaya yang dilakukan untuk efisiensi waktu pada saat frekuensi KA yang padat yakni dengan mendatangkan lokomotif pengganti dari Depo Lokomotif Yogyakarta," kata Krisbiyantoro dalam keterangannya, Sabtu (14/9/2024). 

2. Merembet ke perjalanan lainnya

KA Mutiara Selatan Berhenti Luar Biasa di Klaten Gegara Gangguan Remilustrasi kereta api di Indonesia (unsplash.com/hydngallery)

Daop 6 mencatat gangguan mengakibatkan keterlambatan KA Mutiara Selatan selama 124 menit. Keterlambatan juga berdampak pada jadwal kereta lainnya.

Beberapa perjalanan yang terdampak antara lain: 

  1. KA Malabar (121a) terlambat 11 menit
  2. KA Bima (59a) terlambat 24 menit
  3. KA Manahan (81f) terlambat 28 menit
  4. KA Sancaka (102f) terlambat 5 menit
  5. KRL Yogyakarta-Solo (7102) terlambat 10 menit.
  6. KA Jaka Tingkir (221a) terlambat 31 menit
  7. KA Turangga (65a) terlambat 32 menit
  8. KA Malioboro Ekspress (153a) terlambat 29 menit

"Daop 6 Yogyakarta memohon maaf kepada pelanggan atas gangguan yang terjadi pada kereta api (KA) 85A Mutiara Selatan serta beberapa KA yang mengalami keterlambatan karena terdampak gangguan tersebut," tutur Krisbiyantoro.

Baca Juga: Jadwal KA Bandara YIA-Stasiun Tugu Jogja Terbaru 2024 dan Harganya

3. Service recovery dan kompensasi

KA Mutiara Selatan Berhenti Luar Biasa di Klaten Gegara Gangguan RemIlustrasi kereta api (unsplash.com/Zaskia Auryn)

Krisbiyantoro menekankan, Daop 6 memberikan service recovery dan kompensasi kepada pelanggan yang terdampak sesuai dengan ketentuan berlaku.

"Para petugas KAI juga selalu siap melayani para pelanggan di seluruh wilayah operasi KAI, untuk memastikan para pelanggan bisa mendapatkan perjalanan KA yang aman dan lancar," pungkasnya.

Baca Juga: 10 Tempat Makan Dekat Stasiun Lempuyangan, Lotek hingga Bubur Manado

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya