Ini Langkah Alumni Kampus Cegah Perundungan di Perguruan Tinggi

IKAGEO ITNY beri wadah mahasiswa dan alumni

Yogyakarta, IDN TimesPerundungan masih terjadi di dunia pendidikan, termasuk di perguruan tinggi. Kondisi itu menjadi keprihatinan dari Ikatan Keluarga Alumni Geologi Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (Ikageo ITNY).

Ketua Ikageo ITNY, Oky Sugarbo, menilai munculnya perundungan tidak lepas dari sikap senioritas di dunia pendidikan. “Bullying (perundungan) berkaitan dengan tradisi. Untuk menghilangkan tradisi yang negative memang agak susah,” ucap Oky Sugarbo, saat Musyawarah Besar Ikageo ITNY, di Grand Zuri Yogyakarta, Sabtu (14/9/2024).

1. Cegah terjadinya perundungan

Ini Langkah Alumni Kampus Cegah Perundungan di Perguruan TinggiKetua IKAGEO ITNY, Oky Sugarbo. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Menurut Oky, untuk mencegah terjadinya perundungan, perlu ada pemahaman kepada para senior. Ia mengingatkan perundungan, begitu pula senioritas, bukan lagi zamannya, dan harus ditinggalkan.
 
“Memberikan pemahaman ke senior, gimana bullying, balas dendam, bukan zamannya. Kami berikan pemahamanlah, apalagi sekarang gampang viral. Kalau negatif, pasti akan berdampak negatif ke kita juga,” ujar Oky.

2. Berikan wadah untuk alumni dan mahasiswa

Ini Langkah Alumni Kampus Cegah Perundungan di Perguruan TinggiMubes IKAGEO ITNY, di Grand Zuri Yogyakarta, Sabtu (14/9/2024). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Oky menyebut untuk mencegah adanya aksi perundungan juga ada wadah, tempat berbagi antara alumni dan mahasiswa aktif. Dengan wadah tersebut, antara alumni dan mahasiswa diharapkan semakin dekat.
 
“Wadah ini untuk tukar pikiran, saran, pendapat. Minimalisir terjadinya bullying. Kami mensinergikan antara alumni, kampus, dan mahasiswa. Kedekatan yang dibangun, pasti mereka (mahasiswa) merasa dirangkul,” ucap Oky.

Baca Juga: Kemenkes Terima 451 Laporan Bully, Terbanyak Program Dokter Spesialis 

3. Bangun kebersamaan lebih erat

Ini Langkah Alumni Kampus Cegah Perundungan di Perguruan TinggiIlustrasi seorang anak mengalami perundungan di sosial media (freepik.com/Rawpixel.com)

Sementara itu, Ketua Panitia Mubes Ikageo ITNY, Indriasari Purwaningsih mengatakan kegiatan yang digelar kali ini juga sebagai upaya membangun hubungan harmonis alumni. Ada ratusan alumni yang datang dalam kegiatan kali ini.
 
“Lebih dari 200 alumni yang datang hari ini, dari berbagai daerah. Harapannya dengan ini kebersamaan lebih erat,” ucap Indriasari.

Baca Juga: Hilang Sebulan Lebih, Badai Mahasiswa UPN Yogyakarta Belum Ditemukan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya