TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pelaku yang Hilangkan Nyawa Daffa Berusaha Hilangkan Jejak

Mereka menyusun skenario untuk mengaburkan aksinya

Tersangka pelaku kejahatan jalanan atau klitih yang tewaskan pelajar di Yogyakarta ditangkap. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Sleman, IDN Times - Polisi menyebut lima anggota geng pelajar berinsial M yang aksinya menewaskan Daffa Adzin Albazith, di Yogyakarta, Minggu (3/4/2022) dini hari lalu, sempat bersiasat untuk menghilangkan jejak perbuatan kriminal mereka. Kelimanya disebut menyusun skenario demi mengaburkan aksinya.

Baca Juga: 5 Pelaku Kejahatan Jalanan yang Tewaskan Daffa Ditangkap

1. Koordinasi susun alibi

Barang bukti kejahatan jalanan yang menewaskan pelajar di Yogyakarta, berupa gir yang diikat tali. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Dirreskrimum Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi, menyebut kelima pelaku bersepakat membuat skenario bilamana tertangkap oleh polisi. Para pelaku juga sebagian keluar dari grup WhatsApp demi mengaburkan jejak aksi.

"Mengelak, membuat alibi. Ya sudah sampai sejauh itu. Selesai melakukan, mereka kompak menghilangkan barang bukti lalu (susun skenario) kamu nanti ngomong ini, ngomong ini," kata Ade di Mapolda DIY, Sleman, Senin (11/4/2022).

2. Upaya menghilangkan barang bukti

RS alias B (18, tampak muka), eksekutor kejahatan jalanan yang tewaskan pelajar di Yogyakarta. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Ade berujar, para pelaku juga berupaya mencoba menghilangkan barang bukti senjata dengan menitipkannya ke rumah rekan mereka, R dan A.

Keduanya dititipi senjata yang tak mereka ketahui habis dipakai untuk berbuat kriminal. Namun, hasil penggeledahan lebih jauh malah menemukan lebih banyak senjata lagi yang diduga dipakai untuk aksi serupa.

"R dan A sejauh ini berstatus saksi," katanya.

Baca Juga: Sri Sultan HB X Minta Proses Hukum Bagi Pelaku Kejahatan Jalanan    

Berita Terkini Lainnya