TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenangan Buya Syafii dan Haedar Nashir akan Sosok Habibie

Buya Syafii ungkap kenangan Habibie-Ainun

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Yogyakarta, IDN Times - Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharudin Jusuf Habibie meninggal dunia pada usia 83 tahun di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9).

Ungkapan belasungkawa mengalir dari sejumlah tokoh, di antaranya Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif dan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir.

"Kita semua berduka, seorang putera terbaik Indonesia telah wafat sekitar jam 18.03 hari ini. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, Pak Habibie insya Allah mendapatkan husnul khatimah di akhir hayatnya, amin," tulis Ahmad Syafii dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Selamat Jalan Pak Habibie...

1. Kenangan Buya akan Habibie-Ainun

IDN Times/Tunggul Kumoro

Selain itu, Ahmad Syafii turut mengenang salah satu kisah yang diceritakan Habibie tentang mendiang istrinya, Hasri Ainun Habibie.

"Pernah suatu hari almarhum (Habibie) bercerita tentang Bu Ainun kepada saya: "Bu Ainun pernah mengatakan bahwa Pak Habibie adalah manusia tersulit di muka bumi. Tetapi sekiranya saya mati dan sempat hidup kembali, saya akan mencari Habibie lagi." demikian kata Ahmad Syafii mengenangnya.

"Ungkapan ini dirasakan Habibie sangat dalam dan tidak bisa dilupakan. Selamat jalan Pak Habibie, kami semua menunggu giliran," tutup pria yang kerap disapa Buya Syafii ini.

2. Haedar Nashir kehilangan sosok negarawan

IDN Times/Daruwaskita

Sementara ucapan duka cita juga diungkapkan Haedar Nashir. Ia melihat sosok Habibie sebagai tokoh negarawan.

"Habibie adalah Presiden pertama di era reformasi yang meletakkan dasar demokratisasi yang menjadi tonggak bagi Indonesia baru. Meski terkait dengan Orde Baru dan orang terdekat Soeharto, Habibie justru tampil menjadi negarawan dan demokrat yang kata sejalan tindakan, sehingga ibarat buku terbuka yang bersedia menerima kritik publik secara elegan," kata Haedar dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Tiga Jurus Habibie Selamatkan Indonesia dari Krisis Moneter

Berita Terkini Lainnya