TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Natal di St Lidwina, Romo Sumantara Ingatkan untuk Saling Membantu

Ke depan, tantangan jauh akan beragam

Romo FX Sumantara Siswoyo usai pimpin misa kedua natal di Gereja St Lidwina pada Rabu (25/12)

Sleman, IDN Times - Sekitar 500 jemaat Gereja St Lidwina, Gamping, Sleman, melaksanakan Misa Natal kedua pada Rabu (25/12) yang dipimpin oleh Romo FX Sumantara Siswoyo. Dalam pesan Natalnya, Romo Sumantara mengingatkan pada jemaat untuk saling bekerja sama dan membantu untuk memajukan bangsa.

Baca Juga: Hindari Hal Tak Diinginkan, Akses Gereja St Lidwina Dibuat Satu Pintu

1. Bangsa Indonesia disatukan dalam satu historis

Jemaat di Gereja St Lidwina saat melaksanakan Misa natal pada Rabu (25/12). IDN Times/Siti Umaiyah

Romo Sumantara menyampaikan, dalam kehidupan sehari-hari sikap saling membantu dan kerja sama sangat diperlukan. Apalagi di tengah kondisi bangsa Indonesia yang sangat beragam.

"Kita satu keluarga, apalagi kita disatukan dalam satu sejarah historis, bangsa yang aneka ragam dan multikultur. Dalam persahabatan kita bisa saling mempercayai satu sama lain dan kerja sama dalam membangun masyarakat dan bangsa," terangnya.

2. Digitalisasi jadi tantangan saat ini

Romo FX Sumantara Siswoyo usai pimpin misa kedua natal di Gereja St Lidwina pada Rabu (25/12)

Romo Sumantara menerangkan, di zaman yang serba modern saat ini, digitalisasi menjadi tantangan tersendiri bagi kehidupan sehari-hari. Pasalnya, jika tidak bisa diantisipasi dengan baik, maka digitalisasi bisa mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.

"Digitalisasi bisa mendekatkan kita tapi menjauhkan kita. Dalam keseharian, kita butuh temu personal pribadi, tapi kadang kita terpacu dengan digital. Ada semacam egosentris sehingga rasa sosial bisa berkurang, di mana dalam gawai kalau tidak senang bisa di blokir, " ungkapnya.

Baca Juga: Ribuan Umat Katolik Ikuti Misa Malam Natal di Gereja Ganjuran Bantul

Berita Terkini Lainnya