TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Calon Lurah Petahana Kalah dalam Pilur Serentak di Bantul

Pilur di Kalurahan Seloharjo, Pundong‎ sempat ricuh

Calur petahana Gilangharjo, Pardiyono. (IDN Times/Daruwaskita)

Bantul, IDN Times - ‎Pesta demokrasi enam tahunan, yaitu Pemilihan Lurah (pilur) Serentak 2022 di Kabupaten Bantul telah usai digelar. Proses penghitungan suara juga telah selesai. 

Sejumlah lurah petahana berhasil mempertahankan kursinya. Hanya tiga calon lurah petahana yang tergusur dan gagal melanjutkan kepemimpinannya.

Baca Juga: Pilur Serentak, Wabup Bantul Minta Pilih Calur Sesuai Harapan

1. Tiga calon lurah petahana kalah dalam pilur‎

Calur yang menang dalam pilur di Bantul.(Dok.Istimewa)

Kepala Bidang Pemerintahan Kalurahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan (DPMK), Nanang Nujiyanto, mengatakan dari hasil sementara pemungutan suara Pilur Serentak 2022 yang digelar pada Minggu (25/9/2022) hingga pukul 15.50 WIB, terdapat tiga calon lurah (calur) petahana yang gagal mempertahankan kursinya. Mereka adalah calur petahana Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Dlingo, calur petahanan Kalurahan Murtigading, Kapanewon Sanden, dan calur Kalurahan Argosari, Kapanewon Sedayu.

"Ada 13 calon lurah petahana yang kembali maju dalam pilur 2022 ini, tiga calon lurah petahana gagal mempertahankan kursinya," katanya, Minggu.

2. Panitia pilur akan segera menetapkan pemenang

Penghitungan suara pilur.(IDN Times/Daruwaskita)

Menurut Nanang, setelah proses penghitungan suara selesai di tingkat TPS maka akan dilakukan rekapitulasi ditingkat kalurahan dan oleh panitia pemilihan lurah segera digelar rapat penetapan calon lurah terpilih.

"Jadi hari ini sudah dipastikan ada calon lurah yang ditetapkan sebagai pemenang oleh panitia pilur di 21 kalurahan di Bantul," ungkapnya.

Baca Juga: Ribuan Personel Satlinmas Diterjunkan Amankan Pilur Bantul

Verified Writer

Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya