Pilur Serentak, Wabup Bantul Minta Pilih Calur Sesuai Harapan

Semua calur adalah calon pemimpin yang amanah

Bantul, IDN Times - ‎Sebanyak 21 kalurahan di Kabupaten Bantul menggelar pemilihan lurah (pilur) serentak pada hari ini, Minggu (25/9/2022). Pemerintah kabupaten Bantul menurunkan empat tim untuk melakukan monitoring dan evaluasi (monev) yang dipimpin oleh Forkompimda di kalurahan penyelenggara pilur.

1. Proses pilur berjalan dengan baik‎

Pilur Serentak, Wabup Bantul Minta Pilih Calur Sesuai HarapanWakil Bupati Bantul, Joko Purnomo. (IDN Times/Daruwaskita)

Wakil Bupati Bantul, Joko B Purnomo, mengatakan Pemkab Bantul memberikan apresiasi kepada petugas di 21 kalurahan yang menjalani pilur serentak serta pihak terkait. Hari ini Kabupaten Bantul punya 'gawe' pemilihan lurah dan mendapatkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

"Hari ini dari Pemkab Bantul membagi empat tim monev dan kami apresiasi bahwa sistemnya sudah berjalan dengan baik. Harapannya sistem yang sangat baik dibarengi dengan kualitas pilur yakni masyarakat datang ke TPS dengan jumlah yang banyak," katanya saat melakukan monev di Kalurahan Trirenggo, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul , Sabtu (25/9/2022).

"Yang kedua adalah menghasilkan calon lurah terpilih yang dikehendaki oleh masyarakat," ucapnya.

Baca Juga: Pilur di Bantul, Sejumlah Warga Tak Terima Undangan Nyoblos

2. Masyarakat memilih calon pemimpin sesuai harapannya

Pilur Serentak, Wabup Bantul Minta Pilih Calur Sesuai HarapanCoblosan pemilihan lurah (pilur) serentak di Kabupaten Bantul, Minggu (25/9/2022). (IDN Times/Daruwaskita)

Wabup juga berharap agar pelaksanaan pilur dapat berjalan baik dan menghasilkan calon lurah terpilih yang memiliki integritas.‎

"Sesuai dengan kewenangan juga Pemkab Bantul akan memfasilitasi dan memediasi jika ada permasalahan saat pelaksanaan pilur," ucapnya.

Menurut Joko, sistem demokrasi membuat calon pemimpin, dari presiden, gubernur, bupati/wali kota hingga lurah, dipilih secara terbuka. Sehingga, masyarakat bisa memilih calon pemimpin sesuai dengan yang diharapkannya.

"Kami yakin semua bakal calon lurah yang maju dalam pilur adalah calon pemimpin yang amanah," terangnya.

3. Sebelum jam 11.00 WIB hampir 70 persen pemilih telah memberikan suaranya‎

Pilur Serentak, Wabup Bantul Minta Pilih Calur Sesuai HarapanCoblosan pilur serentak di Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara dari pantauan di lapangan, sejak TPS dibuka mulai pukul 07.00 WIB hingga menjelang pukul 11.00 WIB, sekitar 60-70 persen warga yang mendapatkan undangan untuk memberikan suara di bilik suara telah memberikan suaranya.

Seperti di TPS 15, Padukuhan Gunungan, Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, dari daftar pemilih tetap (DPT) 313 pemilih, sudah hadir 250 pemilih yang artinya hampir 70 persen pemilih sudah menggunakan hak pilihnya.

"Kita masih memberikan kesempatan bagi warga yang belum mendapatkan undangan namun ber KTP setempat bisa memberikan hak suaranya setelah pukul 12.00 WIB. Kemudian pada pukul 13.00 WIB akan dilanjutkan dengan penghitungan suara," kata Ketua KPPS TPS 15, Prawata.‎

Baca Juga: Ribuan Personel Satlinmas Diterjunkan Amankan Pilur Bantul

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya