Ribuan Personel Satlinmas Diterjunkan Amankan Pilur Bantul

ASN dan perangkat kalurahan harus netral

Bantul, IDN Times - ‎Sebanyak 1.128 personel Satlinmas akan dikerahkan untuk menjaga keamanan di 564 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pemilihan lurah serentak di 21 kalurahan di Kabupaten Bantul pada 25 September 2022.

"Jumlah Satlinmas yang kami tempatkan di masing-masing TPS sebanyak dua anggota," kata Kepala Satpol PP Pemkab Bantul, Yulius Suharta, Sabtu (24/9/2022).

1. Satpol PP gelar patroli keliling selama masa kampanye hingga hari pencoblosan

Ribuan Personel Satlinmas Diterjunkan Amankan Pilur BantulKampanye pilur di Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Selain itu, kata Yulius, masih ada petugas Satlinmas yang akan ditempatkan di 21 kalurahan dengan 42 personel atau setiap kalurahan akan dijaga dua personel untuk pengamanan hari pemungutan suara. Termasuk pengamanan di kapanewon juga akan disiagakan masing-masing 2 personel.

"Anggota Satpol PP juga akan melakukan patroli keliling di wilayah yang menggelar pilur mulai tanggal 21-25 September atau hari-H pemungutan suara," ujarnya.

Patroli dilakukan untuk memantau situasi dan kondisi ketenteraman dan ketertiban umum selama pelaksanaan kampanye, masa tenang, hingga hari pemungutan suara.

"Patroli ini juga untuk memantau ketaatan dari para calon lurah dalam memasang alat peraga kampanye khususnya substansi atau materi spanduk yang bersifat provokatif pasti kami konfirmasi kepada panitia pilur untuk diturunkan," tandasnya.

Baca Juga: Pilur di Bantul, Sejumlah Warga Tak Terima Undangan Nyoblos

2. Turunkan spanduk pilur yang materinya provokatif

Ribuan Personel Satlinmas Diterjunkan Amankan Pilur BantulSpanduk pilur provokatif diturunkan.(Dok.Istimewa)

Pihaknya, kata Yulius, sudah mencopot sejumlah spanduk yang materinya provokatif. Di Kapanewon Sanden terdapat dua kalurahan yang menggelar pemilihan lurah yakni Kalurahan Murtigading dan Gadiang sari.

"Spanduk provokatif itu ada di salah satu kalurahan di Sanden yang menggelar pilur dan sudah kita turunkan," terangnya.

3. ASN dan perangkat kalurahan tak netral bakal disanksi‎

Ribuan Personel Satlinmas Diterjunkan Amankan Pilur BantulDeklarasi damai pilur di Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara, Sekda Bantul, Helmi Jamharis, menegaskan agar para ASN dan perangkat kalurahan agar netral dalam pilur. Jika terbukti melakukan tindakan yang tidak netral maka sanksi tegas akan diberikan.

"Kami akan proses sesuai dengan aturan yang ada. Kami ingin pilur ini menghasilkan lurah yang kredibel dan akuntabel," tegasnya.‎

Baca Juga: Calon Lurah Lakukan Kampanye Terbuka Pilur di Bantul

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya