TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Poltek Nuklir Jadi Pusat Pelatihan Ketenaganukliran Asia Tenggara   

Poltek Nuklir jalin kerja sama universitas di luar negeri

Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir). IDN Times/Herlambang Jati

Sleman, IDN Times - Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak, sehingga menjadikan lembaga pendidikan itu menjadi pusat pelatihan ketenaganukliran di Asia Tenggara.

Jalinan kerja sama itu seperti dengan International Atomic Energy Agency (IAEA) dan Tomsk Polytechnic University (TPU), Rusia. Direktur Poltek Nuklir, Zainal Arief, menjelaskan pengembangan akademik Poltek Nuklir melibatkan banyak entitas. “Kita perlu referensi dari berbagai pihak termasuk industri, dalam memberi masukan mengenai program studi yang akan dibuka dan peluang kerja bagi lulusan Poltek,” ucap Zainal, Sabtu (15/10/2022).

1. Jalin kerja sama dengan universitas di Rusia

Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir). IDN Times/Herlambang Jati

Untuk peningkatan jenjang pendidikan hingga pascasarjana terapan, Poltek Nuklir menjalin kerja sama dengan Tomsk Polytechnic University (TPU), Rusia. “Kerja sama ini untuk pengembangan kurikulum pascasarjana, program mobilitas mahasiswa (student mobility), dan mobilitas peneliti (researcher mobility) dengan konsep saling atau resiprokal,” ucap Zainal saat konferensi pers di Sheraton Mustika Yogyakarta.

Guna meningkatkan kapabilitas dan ketersediaan SDM pendukung, Poltek Nuklir juga berkolaborasi dengan SDM BRIN untuk menjadi lecturer/pengajar serta melengkapi fasilitas yang diperlukan. Tidak hanya itu, branding juga dilakukan dengan mendorong mahasiswa mengikuti kompetisi seperti National Polytechnic English Olympics (NPEO), National Welding Competitions, Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK), dan kompetisi lainnya di tingkat nasional maupun internasional. “Tantangan besar yang harus dijawab adalah menyiapkan SDM, peralatan pelatihan yang memadai, serta branding Poltek Nuklir di kancah internasional,” ujar Zainal.

Baca Juga: 4 Fakta Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Kampus Favorit di Jogja!

Baca Juga: 4 Fakta Menarik UPN "Veteran" Yogyakarta, Kampus Bela Negara

2. Cetak wisudawan yang berpengalaman

Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir). IDN Times/Herlambang Jati

Wakil Direktur I Bidang Akademik Poltek Nuklir, Muhtadan menambahkan bagi Poltek Nuklir, penting untuk membekali mahasiswa tidak hanya pada kemampuan hardskill (ijazah dan sertifikasi) saja. “Tetapi juga penguasaan softskill mahasiswa. Poltek Nuklir juga melibatkan mahasiswa dalam project-based learning yang akan memberi pengalaman dalam menyelesaikan permasalahan di industri (MBKM),” kata Muhtadan.

Pada tahun ini, Poltek Nuklir akan mewisuda 98 mahasiswa, Sabtu (15/10/2022). Wisudawan itu terdiri dari 29 Mahasiswa Program Studi Teknokimia Nuklir (TKN), 28 Mahasiswa Program Studi Elektronika Instrumentasi (Elins), dan 41 Mahasiswa Program Studi Elektromekanika (Elmek). Jumlah lulusan predikat dengan pujian (cumlaude) adalah sebanyak 45 orang terdiri dari 15 orang TKN, 10 orang Elins, dan 20 orang dari Elmek.

Baca Juga: 17 Cafe Jogja Paling Instagramable, Estetik Banget buat Foto

Berita Terkini Lainnya