TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sri Sultan HB X Ingin Keraton Lebih Menarik Bagi Anak Muda   

Keraton Yogyakarta lakukan renovasi fisik dan sosial media

https://www.kratonjogja.id/

Yogyakarta, IDN Times - Putri Raja Keraton Yogyakarta membeberkan rencana penyajian keraton agar semakin menarik bagi millennial. GKR Bendara mengatakan Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta kelima putrinya melakukan repackaging budaya atau pengemasan ulang penyajian budaya keraton. 

"Ngarsa Dalem dawuh (memberi tugas) kepada kami berlima untuk membuka diri kepada generasi-generasi penerus saat ini dengan cara yang lebih kekinian," ujar putri bungsu Sultan HB X, Selasa (28/9/2021).  

Tak hanya menyasar fisik bangunan, menurut Bendara, nama ruang batik juga akan diubah menjadi ruang daur hidup.

"Kenapa daur hidup, karena bukan hanya batik yang menjadi bagian kebudayaan kita, tapi juga ada lurik, juga ada bentuk-bentuk jenis tekstil lainnya, juga ada arti-arti dari penggunaan motif batik dalam perjalanan hidup masyarakat Jawa," tutur Bendara dikutip Antara. 

 

 

1. Keraton Yogyakarta lakukan renovasi fisik dan sosial media

Kebaya GKR Bendara (instagram.com/gkrbendara)

Berbicara di acara Webinar Jogja International Batik Biennale (JIBB) 2021, Bendara menuturkan saat ini keraton  tengah melakukan renovasi besar-besaran baik pada eksterior maupun interior bangunan tanpa mengubah esensi dari nilai-nilai budaya yang melekat.

Perubahan, lanjut Bendara, bukan sekadar pada bangunan museum, namun juga mencakup cara penyajian kebudayaan yang ada di Keraton Yogyakarta tanpa mengurangi esensi dari kebudayaan tersebut dengan membuat akun instagram hingga Youtube Keraton.

2. Sri Sultan HB X meminta putrinya untuk menjadikan keraton lebih terbuka

Kebaya GKR Bendara (instagram.com/gkrbendara)

Kepada kelima putrinya, Bendara menceritakan, Sultan HB X mengungkapkan keinginannya agar Keraton Yogyakarta bisa lebih membuka diri. Museum Keraton Yogyakarta misalnya, menjadi salah satu yang tengah direnovasi, agar bisa tampil terbaru dengan pemanfaatan teknologi serta cara penyampaian yang mampu menyentuh generasi muda.

Pengerjaan renovasi, menurut dia, diperkirakan rampung pada akhir 2021. "Ini akan selesai di akhir tahun. Silakan kalau mau berkunjung di awal tahun," kata Bendara.

 

Berita Terkini Lainnya