TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gara-Gara PMK, Produksi Susu Sapi di Kabupaten Sleman Turun

Sleman akan diberi vaksin PMK dari pemerintah pusat

Ilustrasi Peternakan Sapi Perah (IDN Times/Shemi)

Sleman, IDN Times - Sebanyak 252 sapi perah di Kabupaten Sleman terserang Penyakit Mulu dan Kuku (PMK). Akibatnya, produksi susu di wilayah tersebut terpengaruh.

"Dari total 2.804 populasi sapi perah di Sleman, yang terkena PMK sebanyak 252 sapi dan dampaknya produksi susu langsung menurun dari sebelumnya 7.664,75 liter menjadi 6.363,50 liter per hari," kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Kabupaten Sleman Suparmono, Kamis (23/6/2022).

 

1. Prioritas vaksin PMK diberikan ke sapi perah

Ilustrasi Peternakan Sapi Perah (IDN Times/Shemi)

Menurut Suparmono, untuk tahap pertama penyuntikan vaksin PMK di Sleman, diprioritaskan untuk ternak sapi perah. Penyuntikan perdana rencananya dilakukan di Kelurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan.

"Rencananya Sabtu (25/6/2022) pagi akan dilangsungkan penyuntikan vaksin PMK perdana di Glagaharjo. Karena di wilayah lereng Merapi ini populasi sapi perah cukup tinggi," ujarnya.

Ia mengatakan, sapi perah menjadi prioritas penyuntikan vaksin PMK, karena jika terkena serangan virus, produksi susu sapi mengalami penurunan signifikan.

Baca Juga: Reagen Minim, Ternak Suspek PMK di Sleman Dianggap Positif

Baca Juga: 5 Jalur Bersepeda di Sleman, Bikin Lelahmu Terbayarkan!

2. Sleman akan diberi 3.300 dosis vaksin PMK

Camat Cangkringan, Suparmono. IDN Times/Siti Umaiyah

Suparmono menjelaskan Kabupaten Sleman, akan menerima bantuan sebanyak 3.300 dosis vaksin PMK dari pemerintah pusat guna penanganan wabah penyakit yang menyerang hewan ternak berkuku genap di wilayah itu.

"Berdasarkan informasi yang diterima, pada Kamis (23/6/2022) sore ini, vaksin dimungkinkan telah sampai di Pemda DIY. Kabupaten Sleman pada tahap pertama ini, mendapat alokasi vaksin PMK sebanyak 3.300 dosis," katanya dikutip Antara. 

Berita Terkini Lainnya