TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Angka Kunjungan Wisatawan ke Bantul saat Lebaran Turun 

Pemkab Bantul ungkap penyebabnya

Penarikan tiket retribusi masuk objek wisata di Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Bantul, IDN Times - Rencana Pemkab Bantul untuk menaikkan harga tiket retribusi masuk tempat wisata di pantai mulai 1 Mei 2023, dikhawatirkan bakal menurunkan jumlah kunjungan wisata di Bantul. Rencananya Pemkab Bantul akan menaikkan tiket retribusi dari Rp10 ribu menjadi Rp15 ribu per orang.

1. Tidak dibarengi perbaikan fasilitas dan acara

Pengumuman kenaikan harga tiket retribusi masuk objek wisata di Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Ketua Pokdarwis Pantai Goa Cemara Bayu Sujaka mengatakan, kenaikan harga tiket retribusi dinilai memberatkan wisatawan, dan akan menurunkan kunjungan wisatawan.

"Seharusnya ketika menaikkan harga tiket retribusi, harus dibarengi dengan penambahan sarana dan prasarana sehingga menarik wisatawan datang. Sejauh ini tidak ada informasi adanya acara besar yang mampu mendongkrak kunjungan wisatawan," ucapnya, Senin (15/4/2024).

2. Kunjungan wisatawan turun hingga 30 persen

Pantai Goa Cemara (Instagram.com/goacemarabeach)

Menurutnya, selama libur Lebaran tahun ini, kunjungan wisatawan khususnya di Pantai Goa Cemara tak seramai tahun lalu, bahkan turun hingga 30 persen.

Bahkan kata Bayu, terdapat tiga kegiatan yang rencananya digelar di Pantai Goa Cemara dibatalkan mendadak. "Panitia membaca di media sosial ada imbauan wisatawan tidak berkunjung ke Pantai Glagah, Kulon Progo karena air pasang. Dampaknya dirasakan oleh pengelola objek wisata pantai di Kabupaten Bantul," ujarnya.

Menurut Bayu, jumlah kunjungan wisatawan hari ini masih ramai, namun sudah mulai berkurang.

"Kita berharap masih banyak wisatawan yang berkunjung, sebab libur anak sekolah masih berlangsung hingga hari Minggu," terangnya.

Baca Juga: Ini Tarif Parkir Resmi Tempat Wisata di Kabupaten Bantul

Berita Terkini Lainnya