Akhir Pekan Logistik Pilkada 2024 Tiba di Gudang KPU Bantul

Peserta undian nomor urut paslon bakal dibatasi

Intinya Sih...

  • Logistik pilkada 2024 tiba di gudang KPU Bantul, meliputi kotak suara, bilik suara, tinta, dan kabel ties.
  • Pemenang tender logistik berasal dari luar DIY, dengan pengadaan kotak dan bilik suara dari Surabaya, dan kabel ties serta tinta dari Tangerang.
  • KPU Bantul akan melakukan rapat pleno penetapan bakal calon paslon pada 22 September 2024, diikuti dengan pengundian nomor urut paslon pada 23 September 2024.

Bantul, IDN Times - Logistik untuk pilkada 2024 diperkirakan tiba di gudang milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul, di pekan ini hingga akhir bulan September 2024. Logistik yang dikirim oleh pemenang tender, merupakan tahap pertama meliputi kotak suara, bilik suara, tinta dan kabel ties.

1. Pemenang tender dari perusahaan di luar DIY

Akhir Pekan Logistik Pilkada 2024 Tiba di Gudang KPU BantulKetua KPU Bantul Joko Santosa.(IDN Times/Daruwaskita)

Ketua KPU Bantul, Joko Santosa mengatakan proses lelang logistik pilkada tahap pertama dilakukan oleh tim kesekretariatan dan pengadaan KPU Bantul melalui sistem e-catalog.

"Pemenang tendernya dari perusahaan di luar DIY. Untuk kotak dan bilik suara akan diambilkan dari Surabaya. Lalu untuk kabel ties dan dua tinta per TPS dari Tangerang," terangnya, Kamis (19/9/2024).

2. KPU Bantul lakukan pengadaan logistik Pilkada tahap kedua

Akhir Pekan Logistik Pilkada 2024 Tiba di Gudang KPU BantulIlustrasi kertas suara saat pemilu 2024. (IDN Times/Mhd Saifullah)

Menurut Joko, KPU Bantul membutuhkan bilik suara butuh 4 kali 1.487 TPS. Sedangkan untuk kotak suara, 1.487 kotak suara atau sesuai dengan jumlah TPS di Pilkada. "Nantinya masih ada pengadaan logistik tahap kedua seperti surat suara dan lain-lainnya," ucapnya.

Baca Juga: Teror Penembakan Terjadi 2 Lokasi di Kabupaten Bantul

3. Pembatasan peserta pengundian nomor urut paslon

Akhir Pekan Logistik Pilkada 2024 Tiba di Gudang KPU BantulIlustrasi Pilkada 2024.

Joko menambahkan, pihaknya masih menunggu masukan warga terkait hasil pengumuman visi dan misi bakal paslon yang diumumkan melalui laman KPU Bantul.

"Kita akan akan melakukan rapat pleno tertutup penetapan bakal calon paslon untuk dijadikan paslon pada 22 September 2024. Kami akan mengeluarkan SK dan menentukan apakah tiga bakal calon paslon ini memenuhi persyaratan ditetapkan sebagai paslon atau tidak," ujar Joko.

Tahap selanjutnya yakni tanggal 23 September 2024, KPU Bantul menggelar pengundian nomor urut paslon. "Nanti pendukung dari paslon akan kita batasi, paling banyak 20 orang sudah termasuk paslon dan istri serta LO. Ini memang keterbatasan tempat yang ada di KPU Bantul," tuturnya.

Baca Juga: Masa Kampanye Pilkada, Mobil Komisi DPRD Bantul Dikandangkan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya