Kepincut Siluet Istana Garuda, Minat Berwisata ke IKN Meningkat

Objek wisata lain ditawarkan ke wisatawan

Intinya Sih...

  • Menteri Sandiaga Uno mengklaim Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur menarik minat wisatawan luar daerah.
  • Wisatawan tertarik dengan siluet Istana Garuda, konservasi lingkungan, destinasi alam, dan desa wisata di IKN.
  • Kementerian Parekraf sedang mempersiapkan pembangunan dua objek wisata alam di dekat IKN, Gua Tapak Raja dan Hutan Mangrove.

Sleman, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengklaim Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur mulai menunjukkan magnet wisatanya.

Sandiaga mengatakan wisatawan luar daerah sudah menunjukkan minat untuk berwisata ke IKN. "Pariwisata di IKN ini kita sangat bersyukur karena saat dibuka kemarin banyak sekali minat, terutama dari daerah-daerah lain untuk melihat ibu kota negara kita," kata Sandiaga di Pakem, Sleman, DIY, Kamis (19/9/2024).

Menurut Sandiaga, para wisatawan menunjukkan ketertarikannya untuk melihat langsung siluet Istana Garuda yang menjadi gedung kantor presiden.

 

1. Wisatawan tertarik konservasi alam

Kepincut Siluet Istana Garuda, Minat Berwisata ke IKN MeningkatPotret atap Istana Negara IKN lengkungannya bergelombang (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sandiaga menjelaskan para wisatawan juga tertarik akan aspek konservasi lingkungan, destinasi wisata alam serta desa wisata di IKN.

"Jadi ini akan terus kita perkuat, kita akan tawarkan sebagai salah satu paket wisata yang bisa dinikmati oleh wisatawan," jelasnya.

2. Objek wisata dekat IKN, Gua Tapak Raja dan Hutan Mangrove

Kepincut Siluet Istana Garuda, Minat Berwisata ke IKN MeningkatGua Tapak Raja salah satu destinasi wisata di wilayah IKN (IDN Times/Ervan)

Sebelumnya, Sandiaga sendiri juga telah mengungkapkan rencana kementeriannya membangun dua objek wisata alam di dekat IKN. Tujuannya, kata Sandiaga demi menyediakan pilihan kunjungan wisata bagi pengunjung maupun warga setempat.

Dua objek wisata yang disiapkan Kemenparekraf adalah wisata alam Gua Tapak Raja yang berada di Desa Wonosari dan Hutan Mangrove di Kelurahan Mentawir. Keduanya berlokasi di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Kami sedang siapkan perencanaan pembangunan wisata Hutan Mangrove (bakau) dan Gua Tapak Raja di Sepaku," kata Sandiaga Uno saat meninjau Pantai Nipah-Nipah di Penajam, seperti dilansir Antara, Senin (12/8/2024).

Baca Juga: Ngobrol dengan Gus Miftah, Ini Keinginan Jokowi setelah Lengser

3. Pilihan wisata buat masyarakat IKN dan luar negeri

Kepincut Siluet Istana Garuda, Minat Berwisata ke IKN MeningkatKondisi terkini pembangunan IKN Nusantara (Dok. Humas IKN)

Sandiaga berujar, penyediaan tujuan pariwisata di kawasan IKN agar masyarakat setempat maupun wisatawan dalam dan luar negeri yang berkunjung punya berbagai pilihan kunjungan wisata.

Kemenparekraf turut menyiapkan objek wisata lain yang terdapat di wilayah Provinsi Kalimantan Timur, sebagai alternatif tujuan wisata ibu kota baru Indonesia.

"Kami juga siapkan tempat wisata yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Timur lainnya untuk menunjang pariwisata Kota Nusantara," ujar Sandiaga.

Ia mengungkap ada wisata berkelanjutan lain yang disiapkan di sekitaran IKN, macam kebun raya, Bukit Bangkirai dan budaya pampang Kalimantan Timur.

Sandiaga mengklaim telah menyampaikan perencanaan ini kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat rapat kabinet paripurna perdana di Istana Garuda Kota Nusantara pada Senin (12/8/2024) pagi.

Baca Juga: Mengenal Gedung Agung, Istana Kepresidenan di Yogyakarta

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya