Pendaftaran Mahasiswa Baru UGM Dimulai, 91 Prodi Dibuka 

Calon mahasiswa diminta mengakses lewat laman resmi

Sleman, IDN Times - Universitas Gadjah Mada (UGM) mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru. Jalur Seleksi Nasional Berdasar Prestasi (SNBP) 2023 telah dibuka sejak 14 Februari hingga 28 Februari 2023. Kemudian Seleksi Nasional Berdasar Tes (SNBT) akan dibuka pada 23 Maret -14 April 2023.

Bagi kamu yang akan mendaftar ke UGM bisa segera mempersiapkan diri memilih jurusan sesuai minat dan bakat. Jurusan-jurusan apa saja yang ditawarkan UGM dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ini apa saja. Simak ulasannya berikut ini.

1. 91 program studi dibuka pada tahun 2023

Pendaftaran Mahasiswa Baru UGM Dimulai, 91 Prodi Dibuka UGM selenggarakan wisuda daring dan luring. Dok: Humas UGM

Menurut Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM, Prof. Wening Udasmoro, pada tahun 2023 ini UGM membuka 91 program studi (Prodi) dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) baik melalui jalur SNBP, SNBT, maupun seleksi mandiri melalui ujian tulis. Sebanyak 91 prodi tersebut meliputi 70 prodi Sarjana (S1) dan dan 21 prodi Sarjana Terapan (D4). “Pada PMB 2023 ini UGM membuka 91 prodi yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa,” kata Wening, Jumat (17/2/2023). 

Wening menambahkan minat pelajar untuk mendaftar kuliah di UGM terus meningkat setiap tahunnya. Selektivitas atau persaingan memperebutkan kursi di setiap prodi yang ditawarkan pun relatif ketat. “Meski tingkat selektivitasnya berbeda-beda, namun semua prodi yang ada selalui ramai diperebutkan calon mahasiswa. Persaingannya relatif ketat,” ujar Wening.

2. Informasi daya tampung prodi UGM

Pendaftaran Mahasiswa Baru UGM Dimulai, 91 Prodi Dibuka Logo UGM. icst.ugm.ac.id

Wening menambahkan informasi terkait daya tampung prodi UGM secara total melalui seluruh jalur seleksi baik SNBP, SNBT, dan ujian tulis bisa dilihat melalui laman https://um.ugm.ac.id/program-studi-dan-daya-tampung-sarjana-dan-sarjana-terapan/. Sedangkan informasi mengenai selektivitas prodi UGM melalui seluruh jalur seleksi dapat dilihat di https://um.ugm.ac.id/selektivitas-sarjana-dan-sarjana-terapan/. 

Selain itu, data tentang daya tampung dan peminat prodi UGM jalur seleksi nasional untuk SNBP dan SNBT juga bisa dilihat melalui laman Kemdikbud yakni https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/. "Calon mahasiswa dapat mengakses laman tersebut lalu memilih menu Daftar PTN dan pilih Universitas Gadjah Mada," jelasnya. 

Baca Juga: 353 Dosen Tolak Usulan Pemberian Gelar, UGM lakukan Kajian Akademik

3. Akses melalui halaman resmi

Pendaftaran Mahasiswa Baru UGM Dimulai, 91 Prodi Dibuka potret kampus UGM (instagram.com/ugm.yogyakarta)

Dalam laman Sidata Kemdikbud menampilkan data daya tampung dan peminat dari tahun 2018-2022. Wening menjelaskan dalam data tersebut tercatat 21 prodi D4 UGM jumlah peminat kosong (-). Hal itu dikarenakan prodi tersebut merupakan prodi baru  yang sebelumnya adalah D3 dan berubah menjadi D4 di tahun 2019 dan baru ikut serta dalam seleksi nasional (SNMPTN dan SBMPTN) pada 2021. 

Demikian halnya untuk prodi S1 ada tiga prodi yang tercatat jumlah peminatnya kosong dalam Sidata Kemdikbud. Pertama, Teknik Biomedis yang baru dibuka pada tahun 2020 sehingga data dalam Sidata Kemdikbud tercatat peminatnya kosong dalam data 2018-2019. Lalu, prodi Ilmu Aktuaria baru dibuka pada tahun 2019 sehingga data Sidata Kemendikbud tercatat peminatnya kosong. Berikutnya, prodi Teknik Infrastruktur Lingkungan baru dibuka tahun 2022, sehingga jumlah peminat kosong dalam Sidata Kemdikbud tahun 2018-2022.

"Kami mengimbau calon mahasiswa baru dapat mengakses informasi terkait penerimaan mahasiswa baru melalui laman resmi agar dapat memperoleh informasi yang benar dan akurat," ujarnya.

Berbagai informasi penerimaan mahasiswa baru bisa diakses melalui laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ dan laman UGM https://um.ugm.ac.id/, serta IG PMB UGM di @admisiugm.

Baca Juga: Indeks Persepsi Korupsi Turun, Pukat UGM: Korupsi Politik Naik

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya