5 Langkah Merawat Rambut sebelum Tidur, Gak Mudah Rontok

Perlu konsisten untuk membuat rambut jadi indah

Rutinitas perawatan rambut sebelum tidur menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan serta keindahan rambut. Di saat tidur malam, rambut ikut beristirahat sambil memulihkan diri dari hal-hal yang membuatnya rusak sepanjang hari. Girls, memberikan perawatan rambut sebelum tidur yang optimal, tekstur, kilau, dan kelembutan rambut jadi tetap terjaga. Mau tahu caranya menjaga rambut tetap sehat dan cantik?

1. Menjaga kebersihan rambut

5 Langkah Merawat Rambut sebelum Tidur, Gak Mudah Rontokilustrasi membersihkan rambut (pexels.com/Karolina Grabowska)

Selain mengonsumsi makanan yang bernutrisi, kita juga perlu membersihkan rambut sebelum tidur. Pastikan bahwa rambut kita bersih dari kotoran, minyak, serta berbagai produk styling. 

Pilihlah sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Lebih baik, kita memilih produk pembersih rambut yang bisa digunakan setiap hari. Jika gak ada, kita bisa membersihkan rambut dengan air hangat atau dingin saja, kok. Pastikan untuk membilas rambut hingga kotoran yang menempel hilang. Biarkan rambut benar-benar kering sebelum tidur untuk menghindarinya jadi rapuh. 

2. Sisir rambut sebelum tidur

5 Langkah Merawat Rambut sebelum Tidur, Gak Mudah Rontokilustrasi menyisir rambut (freepik.com/freepik)

Merawat rambut sebelum tidur yang penting dilakukan adalah menyisir rambut secara menyeluruh. Ini akan membantu kita mengurai kekusutan rambut sambil mendistribusikan minyak alami secara merata dari akar sampai ujung rambut. Ada baiknya gunakan sisir bergigi jarang untuk menghilangkan kusut dan mencegah kerusakan rambut.

Baca Juga: 9 Jenis Rambut Keriting dan Cara Perawatannya, Rambut Jadi Indah!

3. Gunakan serum rambut

5 Langkah Merawat Rambut sebelum Tidur, Gak Mudah Rontokilustrasi menggunakan serum rambut (pexels.com/KoolShooters)

Menggunakan serum rambut alami dapat meremajakan folikel rambut serta meningkatkan pertumbuhan rambut. Kita bisa menyemprotkan gel lidah buaya yang diencerkan dan diaplikasikan sebelum tidur. Hindari pemakaian serum dengan kandungan silikon yang bisa menyebabkan rambut rapuh seiring berjalannya waktu, ya.  

4. Memakai minyak rambut

5 Langkah Merawat Rambut sebelum Tidur, Gak Mudah Rontokilustrasi menggunakan hair oil (Freepik.com/freepik)

Pemberian minyak rambut sebelum tidur bisa memberikan kelembapan dan nutrisi ekstrak. Gak cuma itu, minyak rambut juga bisa memperbaiki rambut yang bercabang, kering, dan memberikan kilau yang sehat. Beberapa jenis minyak rambut, seperti argan, minyak rose hip, minyak kelapa, minyak almond, dan minyak rambut lain yang sesuai dengan kebutuhan rambut.  

Cukup menaruh beberapa tetes minyak rambut di kulit kepala dan sepanjang helai rambut, dan pijat secara lembut. Pastikan minyak meresap ke ujung rambut. Biarkan minyak bekerja semalaman dengan memakai penutup rambut. Kita juga perlu membungkus rambut dengan handuk agar sarung bantal gak terkena noda.

5. Memakai sarung rambut atau bantal yang berbahan sutra

5 Langkah Merawat Rambut sebelum Tidur, Gak Mudah Rontokilustrasi sarung bantal dari sutra (pexels.com/Max Rahubovskiy)

Sarung rambut atau sarung bantal berbahan sutra bisa membantunya untuk membuang rambut ketika tidur. Bahan sutra mempunyai gesekan yang paling rendah dibandingkan dengan bahan kain yang lain. Hal ini membuatnya dapat mencegah kerusakan rambut sekaligus membantu untuk mempertahankan kelembapan, lho.

Perawatan rambut sebelum tidur merupakan investasi kecil yang bisa memberikan manfaat besar bagi kesehatan serta keindahan rambut. Semoga dengan melakukan beberapa langkah perawatan rambut sebelum tidur, kesehatan rambut dapat tetap terjaga dengan baik. Ingat, konsisten adalah kunci utama, jadi lakukan dengan rutin ya.

Baca Juga: Agenda Wisata Bulan Desember 2023 di Jogja, Meriah Sambut Akhir Tahun

Lathiva Photo Community Writer Lathiva

Senang membaca dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya