Comscore Tracker

5 Manfaat Menjalin Hubungan Baik dengan Kating ketika Kuliah

Jangan ragu untuk melakukan networking dengan mereka

Kamu mungkin merasa sungkan untuk mengenal kakak tingkat, khususnya bagi mahasiswa baru. Dalam benak sebagian orang, kating di kampus identik dengan senioritas.

Padahal, kenyataannya tidak selalu demikian. Sebaliknya, menjalin hubungan baik dengan kating ketika kuliah ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut lima di antaranya, dijamin gak menyesal, deh!

1. Tempat berbagi tugas kuliah maupun tugas akhir

5 Manfaat Menjalin Hubungan Baik dengan Kating ketika KuliahIlustrasi berbagi tugas kuliah (pexels.com/Armin Rimoldi)

Kating bisa jadi tempat untuk bertanya dan berbagi tentang tugas kuliah. Dengan memahami tugas-tugas sebelumnya dari kating, kamu akan bisa lebih maksimal saat mengerjakan tugas dari dosen ke depannya. 

Bahkan, tugas akhir atau skripsi juga bisa mereka pinjamkan untuk kamu pelajari. Misalnya mempelajari struktur pengerjaan skripsi dan pembahasan seperti apa yang harus dituliskan di dalam tugas akhirmu.

2. Bisa jadi tempat curhat segala hal tentang kehidupan sampai perkuliahan

5 Manfaat Menjalin Hubungan Baik dengan Kating ketika KuliahIlustrasi ngobrol dengan kating (pexels.com/Armin Rimoldi)

Bukan hanya mengenai tugas kuliah saja, kating terkadang juga bisa jadi sahabatmu. Kamu bisa curhat dengan mereka, mulai dari masalah kehidupan sampai perkuliahan yang sulit dan dosen yang pelit saat memberi nilai.

Biasanya kating bisa jadi pendengar yang baik juga, lho. Pasalnya, mereka sudah pernah merasakan di titik yang kamu rasakan juga, jadi beberapa nasihat terkadang keluar dari ucapan mereka.

Memang tidak semua kating bisa menjadi tempat curahan hati. Namun kamu bisa memilahnya kok, mana saja kating yang bisa dijadikan sahabat dan tempat untuk berbagi cerita.

Baca Juga: Hindari 5 Hal Ini saat Kuliah, Agar Tak Menyesal! 

3. Bisa jadi mentor yang baik dan kompeten

5 Manfaat Menjalin Hubungan Baik dengan Kating ketika Kuliahilustrasi diberi arahan dari mentor (pexels.com/Armin Rimoldi)

Kakak tingkat merupakan mahasiswa yang telah belajar di kampus terlebih dahulu dibandingkan dengan kamu. Mereka tentu memiliki pengalaman dan cerita yang penuh suka duka. 

Sebab itulah mereka juga bisa menjadi mentor kamu, lho. Mereka akan membimbing kamu dengan setulus hati untuk membuatmu bisa sukses seperti mereka.

Asyiknya lagi, kamu tidak perlu mencari mentor untuk mengeluarkan bakatmu, kating yang baik siap kok membimbingmu menuju dunia penuh talenta itu.  Manfaatkan sebaik-baiknya momen ini, ya!

4. Kating bisa jadi pasanganmu juga

5 Manfaat Menjalin Hubungan Baik dengan Kating ketika Kuliahilustrasi pasangan romantis (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Terkadang banyak dari kamu yang berjodoh dengan kakak tingkat. Meskipun awalnya hanya sebatas teman, eh, ternyata jadi idaman.

Nah, mereka bisa jadi partner hidup yang solid ke depannya buat kamu juga, nih. Pasalnya, kalian memiliki latar belakang serupa, jadi kalian bisa menerima satu sama lain ketika sudah menjadi pasangan.

Kalian juga bisa menjadi pasangan yang romantis, kok. Hubungan yang sudah lama terbangun sejak kuliah,  bisa bikin suasana jadi lebih harmonis dan manis.

5. Jejaring dalam berkarier setelah lulus kuliah

5 Manfaat Menjalin Hubungan Baik dengan Kating ketika Kuliahilustrasi bekerja (pexels.com/Thirdman)

Tidak hanya soal tugas kuliah dan jodoh saja, lho. Kedekatan dengan kakak tingkat juga bisa mempengaruhi kamu saat mencari kerja setelah lulus kuliah.

Ketika kamu bertanya dengan mereka mengenai lowongan pekerjaan, biasanya kating akan dengan senang hati memberitahumu dan bahkan menawarkanmu bekerja di perusahaan yang mereka tempati sekarang.

Selain itu, mereka juga bisa memanfaatkan jejaring yang dimiliki untuk merekomendasikan pekerjaan untukmu, meskipun tidak di tempat mereka bekerja.

Nah, setelah mengetahui beberapa manfaat menjalin hubungan dengan kating di atas, tentu gak ada ruginya bergaul dengan mereka, kan? 

Baca Juga: Pengin Minimalkan Overthinking, Ini Cara Atasi Menurut Psikolog UGM  

Norman Wijaya Photo Community Writer Norman Wijaya

Semakin kreatif dan informatif! @norman_wijaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya