TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hindari 5 Hal Ini saat Kuliah, Agar Tak Menyesal! 

Jangan menjadi mahasiswa yang pasif

ilustrasi kuliah (pexels.com/Yan Krukov)

Rangkaian ujian masuk perguruan tinggi sudah selesai, sekitar bulan Agustus 2022 mendatang beberapa kampus mulai menggelar kuliah awal. Bagi kamu mahasiswa baru yang masuk tahun ini, hindari 5 hal ini saat kuliah. Apa saja? 

1. Menjadi mahasiswa pasif di kelas

ilustrasi kuliah (Unsplash.com/@punttim)

Tanpa disadari kamu menjadi yang lebih banyak diam, sering titip absen, tidak pernah bertanya. Hal ini akan membuat dosen kurang menyukaimu dan menaruh perhatian.

Apabila kamu sudah memulai kuliah, sebisa mungkin aktif di kelas ya! Keaktifanmu itu bisa menjadi poin plus di setiap mata kuliah. Dengan aktif bertanya ataupun menjawab pertanyaan dosen bisa membuatmu lebih akrab. 

 

Baca Juga: 11 Agenda Wisata Jogja di Bulan Agustus, Labuhan hingga Pasar Kangen 

Baca Juga: Kisah Refi, Anak Petani Gunungkidul Dapat Kuliah Gratis di UGM

2. Tidak mengikuti organisasi

Ilustrasi meeting (freepik.com/klingsup)

Organisasi sangat berperan penting memajukanmu menjadi pribadi lebih baik. Kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman dengan mengikuti organisasi. Keuntungan lainnya adalah mempunyai relasi berkualitas, ilmu baru, pengalaman baru, dan hal lainnya yang berdampak sangat baik untuk pengembangan dirimu. Dengan mengikuti organisasi, kamu bisa memahami karakter banyak orang. Tentunya hal tersebut kamu butuhkan, supaya kamu bisa adaptable di dunia pekerjaan nanti. Kamu juga bisa belajar bekerja sama dengan tim dan memecahkan masalah bersama.

 

3. Tidak bisa membagi waktu

Ilustrasi jam (IDN TIMES/Aisyah D.)

Hal ketiga ini perlu kamu perhatikan. Buat kamu yang ingin menjadi pribadi sibuk di dunia kuliah, ikut organisasi, bekerja paruh waktu atau mengikuti acara di kampus sangat diperlukan untuk menambah pengalaman kerjamu. Tapi jangan sampai semua kegiatanmu di atas, justru membuatmu tidak bisa membagi waktu. 

 

4. Boros dan sering main tanpa manfaat

Ilustrasi boros belanja (Pexels.com/EVG photos)

Terlalu boros dan sering main tanpa manfaat bisa membuatmu menyesal. Sebenarnya memang diperlukan self reward kepada dirimu yang sudah berjuang. Itu juga bentuk kasih sayang pada diri sendiri dan untuk refreshing. Namun, bila kamu melakukannya terlalu sering hingga melupakan peran yang sedang kamu jalani, pasti akan berdampak kurang baik.

Mulai sekarang, yuk belajar menabung, investasi atau hal lain yang baik untuk keuanganmu. 

Baca Juga: 12 Meme Kocak yang Relate Banget dengan Warga Jogja

Verified Writer

Adira Putri Aliffa

A full time learner in life | Instagram: adiraaliffa & perahuteduh, twitter: @deardir1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya