Comscore Tracker

11 Agenda Wisata Jogja di Bulan Agustus, Labuhan hingga Pasar Kangen 

Jangan sampai ketinggalan agenda wisata Jogja yang ngangeni!

Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tiap bulan mengagendakan berbagai acara untuk meningkatkan jumlah wisatawan sekaligus menghibur warga. Terdapat 11 agenda wisata Jogja yang diadakan selama bulan Agustus. Berikut daftar acara yang bisa kamu nikmati. 

1. Bantul Expo

11 Agenda Wisata Jogja di Bulan Agustus, Labuhan hingga Pasar Kangen instagram.com/budi_sarwindu

Diadakan di Pasar Seni Gabusan, Kabupaten Bantul, selama 11 hari akan diselenggarakan  Bantul Expo. Bantul Expo yang dimulai tanggal 1 Agustus akan menjadi ajang promosi kerajinan tangan, pertanian dan budaya khususnya yang berasal dari Kabupaten Bantul.

2. Siraman Pusaka

11 Agenda Wisata Jogja di Bulan Agustus, Labuhan hingga Pasar Kangen jatengprov.go.id

Siraman Pusaka akan diadakan di Keraton Yogyakarta pada tanggal 2 - 3 Agustus. Kegiatan ini adalah acara rutin yang dilakukan setiap hari Selasa Kliwon pada bulan Muharram, bulan pertama dari Kalender Jawa.

Suraman yang sebagai jamasan adalan membersihkan pusaka milik Keraton Yogyakarta baik secara fisik dan spiritual. 

Baca Juga: Dibuka Mulai Besok di Jogja, 4 Fakta Bazar Buku Murah Big Bad Wolf

3. Saparan Wonolelo

11 Agenda Wisata Jogja di Bulan Agustus, Labuhan hingga Pasar Kangen Saparan wonolelo (instagram.com/tenry12)

Saparan Wonolelo merupakan agenda rutin Kabupaten Sleman yaitu penghormatan kepada leluhur atau pepunden, khususnya Ki Ageng Wonolelo. Ki Ageng Wonolelo adalah sosok yang dinilai berjasa atas penanaman norma-norma dan nilai budaya pada masyarakat. Acara ini dilakukan pada tanggal 5 Agustus. 

4. Festival Pedalangan

11 Agenda Wisata Jogja di Bulan Agustus, Labuhan hingga Pasar Kangen commons.wikimedia.org/PL_05_SIGIT

Festival pendalangan atau festival dalang untuk anak dan remaja digelar di Pantai Wediombo, Gunungkidul pada tanggal 10 Agustus. Agenda rutin ini diharapkan bisa menarik anak muda untuk tertarik dan belajar ilmu pedalangan. 

Baca Juga: Berburu Jajan Pasar dan Perkakas Jadul di Pasar Kangen Jogja

5. Labuhan Nelayan Mina Bahari 45 Depok

11 Agenda Wisata Jogja di Bulan Agustus, Labuhan hingga Pasar Kangen IDN Times/Daruwaskita

Labuhan Nelayan Mina Bahari 45 Depok adalah upacara yang dilakukan oleh nelayan melalukan doa bersama di pendapa Pantai Depok. Acara yang dilakukan pada11 Agustus biasanya dilanjutkan dengan kenduri dan diakhiri dengan labuhan sesaji.

Kegiatan ini merupakan wujud syukur dari nelayan atas keselamatan dan hasil tangkapan ikan yang berlimpah. 

6. Kirab Budaya Imogiri

11 Agenda Wisata Jogja di Bulan Agustus, Labuhan hingga Pasar Kangen IDN Times/Daruwaskita

Kirab Budaya Imogiri akan berlangsung di Terminal Imogiri sampai Pajimatan. Acara yang diadakan rutin setiap Minggu Pahing di bulan Besar menurut Kalender Jawa diadakan untuk menyampaikan rasa syukur atas limpahan rezeki dan keselamatan bagi warga setempat. Kegiatan ini bisa kamu lihat pada tanggal 11 Agustus. 

7. Upacara Nguras Enceh

11 Agenda Wisata Jogja di Bulan Agustus, Labuhan hingga Pasar Kangen visitingjogja.com

Berlangsung di Kompleks Makam Raja-raja Mataram, akan diadakan Upacara Nguras Enceh pada tanggal 12 Agustus. Acara ini merupakan agenda rutin yang diadakan setiap bulan Sura di Kalender Jawa yang dilakukan oleh abdi dalem Keraton Surakarta dan Keraton Yogyakarta. Para abdi dalem akan menguras empat buah Enceh Pusaka yang berada di Gerbang Makam Sultan Agung.

8. Labuhan Hondodento

11 Agenda Wisata Jogja di Bulan Agustus, Labuhan hingga Pasar Kangen labuhan hondodento (instagram.com/setiyokoagus)

Pada tanggal 13 Agustus, dilakukan Labuhan Hondodentom yaitu tradisi yang dialkukan oleh Trah Hondodento. Kegiatannya labuhan ini akan dilakukan di kawasan Pantai Parangtritis.

9. Pasar Kangen

11 Agenda Wisata Jogja di Bulan Agustus, Labuhan hingga Pasar Kangen IDNTimes/Holy Kartika

Agenda wisata di Jogja yang tak boleh kamu lewatkan adalah Pasar Kangen. Kegiatan rutin tahunan ini diadakan oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Biasanya acara diadakan di Taman Budaya, namun tahun 2021 diselenggarakan di Perpustakaan dan Museum Arsip DIY.

Nah di tahun ini acara akan diadakan pada tanggal 18 - 27 Agustus. Di sini kamu bisa menikmati berbagai macam makanan ndeso, mainan antik hingga gelaran kesenian tradisional.

10. Merti Golong Gilig Dipowinatan

11 Agenda Wisata Jogja di Bulan Agustus, Labuhan hingga Pasar Kangen Tari Golong Gilig Yogyakarta memeriahkan Opening Ceremony Jogja Heboh - IDN Times/Rijalu Ahimsa

Merti Golong Gilig Dipowinatan adalah ritual budaya dengan seremoni mengikat lidi. Pengikatan lidi ini menjadi simbol keberagaman warga Dipowinatan dan dimeriahkan kirab prajurit Bregada dan pemasangan Bendara Dipo Satrio. Acara budaya di Kota Yogyakarta ini bisa kamu nikmati pada tanggal 18 Agustus 

11. Festival Layang-layang

11 Agenda Wisata Jogja di Bulan Agustus, Labuhan hingga Pasar Kangen IDN Times/Imam Rosidin

Bagi kamu penggemar foto, ada acara spesial di akhir bulan, yaitu Festival Layang-layang yang digelar di Pantai Parangtritis. Acara ini merupakan agenda tahunan yang ditunggu oleh banyak wisatawan. Di acara yang diadakan 27 Agustus mendatang, berbagai bentuk layang-layang akan mengudara di Parangtritis. 

Baca Juga: 9 Hotel Dekat Tugu Jogja Cukup Jalan Kaki ke Malioboro dan Anti Macet 

Yuk, persiapkan tanggal cutimu untuk bisa menikmati beragam acara budaya dan kegiatan seni di Yogyakarta. Jangan sampai menyesal karena ketinggalan berbagai acara di atas ya!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya