Kisah Refi, Anak Petani Gunungkidul Dapat Kuliah Gratis di UGM

Hampir putus asa tak mau kuliah, lantaran tak punya uang

Sleman, IDN Times - Refi Nurani Nurohmah dikenal sebagai siswa yang berprestasi di SMKN 1 Wonosari, Gunungkidul. Sederet medali pernah diperolehnya, antara lain medali emas Olimpiade Nasional 2022 dan gelar juara lainnya di bidang akademik maupun non-akademik.

Meski memiliki prestasi yang membanggakan, Refi sempat menetapkan hati untuk tidak melanjutkan pendidikan selepas tamat sekolah menengah atas. Keterbatasan ekonomi keluarga menjadi salah satunya alasannya. Akhirnya salah satu guru mendorongnya untuk mendaftar kuliah melalui jalur SNMPTN.

Guru sekolah mendorong Refi untuk melanjutkan kuliah, setelah ia memperoleh peringkat satu secara paralel pada saat penentuan siswa yang eligible untuk mengikuti SNMPTN.

“Kata guru saya, sayang kalau kesempatan itu gak diambil, lebih baik coba mendaftar saja daripada menyesal,” ucapnya, Kamis (21/7/2022). 

 

1. Pendapatan keluarganya per bulan Rp200 ribu

Kisah Refi, Anak Petani Gunungkidul Dapat Kuliah Gratis di UGMIlustrasi panen jagung (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Ayah Refi, Satiran, sehari-hari bertani di ladang kecil milik keluarga. Sebagian hasil ladang berupa singkong, kacang tanah, beras, dan jagung mereka konsumsi sendiri untuk makan sehari-hari. Selebihnya mereka jual sebagai pemasukan bagi keluarga. 

Berbagai pekerjaan serabutan dilakoni ayahnya bersama ibu, Surminah, untuk mencari tambahan pemasukan. Terkadang mereka ikut bekerja di ladang milik orang lain, mencabuti rumput dan melakukan pekerjaan lainnya dengan bayaran Rp20 ribu.

“Paling banyak dibayar Rp20 ribu untuk kerja setengah hari. Kadang dari pagi jam 7 sampai jam 11, atau siang jam 1 sampai jam 5 tergantung yang menyuruh,” ungkap Refi.

Surminah juga sesekali membuat produk anyaman untuk dijual dan menerima pesanan keripik yang dibuat dari hasil panenan ladangnya. Saat masih duduk di bangku sekolah, Refi membantu menjual keripik tersebut kepada guru-guru di sekolahnya. 

Keluarga ini bertahan hidup dengan penghasilan sekitar Rp200 ribu per bulan, itu pun jika mereka mendapat hasil ladang yang cukup banyak. Beruntung mereka tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar untuk pendidikan anaknya, karena Refi bisa bersekolah dengan beasiswa sejak di bangku SMP. 

2. Ayah dan ibu menginginkan anaknya dapat hidup lebih baik

Kisah Refi, Anak Petani Gunungkidul Dapat Kuliah Gratis di UGMRefi Nurani Nurohmah, mahasiswa UGM / Humas UGM

Meski hidup pas-pasan, di lubuk hati yang terdalam orangtua Refi yang merupakan lulusan sekolah dasar memendam harapan agar anaknya bisa mengenyam pendidikan terbaik dan mendapatkan penghidupan yang layak.

“Saya sudah bilang, sampai mana pun akan saya usahakan untuk sekolah. Saya memang tidak bisa memberi bekal uang, jadi harus ada modal kepintaran dari Refi sendiri. Tapi bagaimanapun harus sekolah,” ucap Satiran.

Ia mengungkapkan bahwa Refi sejak kecil sangat tekun dalam menuntut ilmu dan selalu mengutamakan sekolah. Ketekunan dan kegigihan yang ditunjukkan anaknya inilah yang membuatnya yakin Refi memiliki kemampuan yang cukup untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya.

Baca Juga: Sosiolog UGM Sebut Citayam Ide Brilian Tren Busana Anak Muda  

3. Diterima di Program Studi Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi

Kisah Refi, Anak Petani Gunungkidul Dapat Kuliah Gratis di UGMUniversitas Gadjah Mada (Dok. Humas UGM)

Tak ingin tinggal diam, Refi sejak beberapa tahun yang lalu rutin memberikan pelajaran tambahan bagi anak-anak di desanya. Meski penghasilan yang ia terima tidak seberapa, setidaknya dengan pekerjaan ini bisa mendapatkan uang saku.

Dikutip Humas UGM, saat ini Refi sudah menjadi salah satu mahasiswa Program Studi D4 Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi, Sekolah Vokasi UGM, dan masuk dalam golongan penerima UKT 0. Ia pun bekerja membantu berjualan saudaranya di sebuah angkringan, sembari menunggu kepastian untuk bekerja di sebuah pusat perbelanjaan. 

Baca Juga: Berprestasi Main Catur, Anak Pengumpul Rongsok Kuliah Gratis di UGM  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya