TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Iklim Tropis Jutaan Bayi Indonesia Alami Iritasi Pemakaian Popok

Jangan batasi ruang gerak si kecil

ilustrasi popok (freepik.com/photodaria)

Yogyakarta, IDN Times - Masalah iritasi atau ruam pada kulit bayi banyak dikarenakan kesalahan dalam pemilihan popok. Ditambah balita di Indonesia gampang terkena iritasi kulit efek popok yang lembab karena iklim tropis.

1. Persoalan pemakaian popok dialami 4,8 juta kelahiran

Ilustrasi popok bayi (pexels.com/RODNAE Productions)

Dokter Spesialis Anak RS Happyland Yogyakarta, Zuhirda Emra Noor mengatakan, iritasi pemicu infeksi kulit pada bayi mendominasi persoalan pemakaian popok yang dialami 4,8 juta kelahiran di Indonesia selama 2023.

"Perawatan untuk si kecil harus diperhatikan sejak lahir mulai dari nutrisi yang baik, produk perawatan kulit hingga pemilihan popok," ujar Zuhirda. 

Baca Juga: 8 Etika Mengunjungi Bayi Baru Lahir, Tak Boleh Asal Datang

2. Kriteria popok aman untuk si kecil

Photo by Sarah Chai from Pexels

Menghindari iritasi atau infeksi kulit, Zuhirda menyarankan pemilihan popok yang memiliki sirkulasi udara yang baik mengantisipasi terjadinya kelembaban.

"Orang tua harus lebih memperhatikan kenyamanan si kecil sebagai salah satu faktor pendukung tumbuh kembang yang baik. Pemilihan popok yang lembut, memiliki daya serap tinggi dengan karet pinggang elastis dan fit dapat menghindari luka, kemerahan, dan iritasi ketika anak aktif bergerak," kata Zuhirda, Jumat (3/11/2023).

Baca Juga: 10 Potret Pot Tanaman Nyeleneh, Ada yang Pakai Boneka Bayi

Verified Writer

Tunggul Kumoro Damarjati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya