TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Tetap Segar saat Cuaca Panas, Gak Sulit Dilakukan!

Jangan sampai lemas karena kekurangan cairan

tips selalu terhidrasi (instagram.com/veganicejp)

Beberapa hari ini cuaca panas terjadi di beberapa kota di indonesia. Tak ketinggalan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), suhu udara mencapai 30 derajat celsius. Suhu panas menyebabkan tubuh menjadi mudah dehidrasi, akibatnya daya tahan menurun dan bisa menjadi lemas hingga pingsan.

Dilansir laman health.com, Jonah Soolman, RD, ahli gizi dan pelatih bersertifikat di Soolman Nutrition and Wellness di Wellesley, kebutuhan hidrasi manusia cenderung lebih tinggi di saat panas daripada saat suhu ringan atau dingin.

Ada 5 cara sederhana untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi di saat cuaca sedang panas-panasnya. Ingat kehilangan banyak cairan, akan menyebabkan kita mudah sakit. 

Baca Juga: 9 Tips Membekukan Makanan, Antiribet dan Tetap Awet

1. Gunakan botol minum yang memotivasi

ilustrasi botol minum (instagram.com/vintagerella)

Cara termudah untuk selalu terhidrasi adalah minum air yang banyak. Sayangnya minum air yang banyak ternyata gak mudah, apalagi kamu yang punya setumpuk pekerjaan, pasti sulit memantau jumlah air yang sudah dikonsumsi.

Kini ada botol yang bagian luarnya dihias oleh kalimat penyemangat sehingga kamu bisa lebih terpacu menghabiskan 2 liter air dalam sehari. Bahkan ada botol minum pintar yang dihubungkan ke Bluetooth, saat waktunya minum atau ketika kamu gak kunjung menenggak air, lampu di botol akan terus berkedip. Bikin malu, tapi kamu akan lebih rajin minum!

2. Mengonsumsi makanan kaya air

ilustrasi semangka (unsplash.com /煜翔 肖)

Mulai kembung dan bosan karena banyak minum air putih? Tenang, kamu tetap bisa mendapatkan cukup air dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air. Misalnya saja seperti timun yang bisa dipadukan dengan bumbu rujak, semangka dingin, anggur atau tomat ceri yang mungil sehingga mudah disantap sebagai camilan.

Kamu juga bisa mengubah air putih biasa menjadi lebih segar diminum. Misal menjadikannya infused water dengan menambahkan buah segar sepeti lemon, stroberi, dan daun mint. Diamkan dalam kulkas selama beberapa jam agar kian nikmat di bawa beraktivitas.

Baca Juga: Mengenal Culture Shock, Ternyata Ada Fase Adaptasinya

3. Menikmati minuman bersoda dengan tambahan buah

ilustrasi minuman bersoda (unsplash.com/Artem Beliaikin)

Gak ada yang lebih menyegarkan untuk dinikmati di cuaca panas selain minuman bersoda. Memang banyak minuman bersoda yang dijual di minimarket atau bahkan warung dekat rumah, tapi mengingat kandungan gulanya yang tinggi, kamu bisa membuat seltzer sendiri.

Misal menambahkan dengan buah lemon, peach, dan daun mint, jelas lebih rendah gula daripada beli minuman bersoda kemasan. Cukup sehari satu gelas, lengkap dengan es batu, gak akan membahayakan gigimu.

4. Menghindari kopi dan minuman beralkohol

unsplash

Gak semua minuman bisa menghidrasi tubuh, salah satunya kopi. Satu gelas air gak sama dengan satu gelas kopi. Selain itu, saat cuaca sedang panas-panasnya, kamu disarankan tidak minum kopi dan minuman beralkohol.

Larangan meminum kopi dan alkohol karena bersifat diuretik, sehingga mudah memicu buang air kecil. Jadi percuma saja minum banyak, tapi pembuangannya pun cepat. Es kopi memang menyegarkan, tapi air putih lebih bermanfaat saat musim panas seperti saat ini.

Baca Juga: 4 Mitos Sunscreen yang Gak Perlu Kamu Percaya

Berita Terkini Lainnya