Comscore Tracker

4 Pasar Klithikan di Jogja, Surga Berburu Barang Antik

Banyak barang bekas dengan kualitas bagus, lho!

Buat yang suka belanja, kamu bisa mencoba sensasi berburu barang antik di pasar klithikan Yogyakarta. Terutama untuk kamu yang memang menyukai barang antik atau ingin mendapatkan barang bekas dengan kualitas baik.

Tak hanya satu lokasi, Yogyakarta memiliki empat pasar klithikan yang bisa kamu jelajahi. Semuanya buka di malam hari, berikut daftar pasar klitikan di Yogyakarta!

1. Pasar Pakuncen

4 Pasar Klithikan di Jogja, Surga Berburu Barang AntikPasar Pakuncen Yogyakarta (instagram.com/ceritaku_romi)

Menjadi pasar klithikan terbesar di Yogyakarta, Pasar Pakuncen terletak di Jalan HOS Cokroaminoto Nomor 34 Pakuncen, Wirobrajan, Yogyakarta. Di dalam pasar antik ini terdapat aneka barang bekas maupun antik yang dijual dengan harga terjangkau. Mulai dari barang elektronik, onderdil kendaraan hingga koin dan perangko. 

Sebelum dijadikan satu di Pasar Pakuncen, para pedagang pasar ini berjualan di beberapa titik di Kota Jogja. Hingga akhirnya pasar ini diresmikan pada tanggal 11 November 2017 dan kini menjadi salah satu destinasi wisata belanja barang bekas maupun antik di Yogyakarta. 

2. Pasar Sentir

4 Pasar Klithikan di Jogja, Surga Berburu Barang AntikPasar Sentir Jogja (instagram.com/jogjapasarsentir)

Sudah ada sejak zaman dulu, Pasar Sentir Jogja rutin dibuka pada jam 19.00--24.00 WIB. Nama sentir sendiri diambil dari nama lampu sentir atau teplok/minyak. Sentir dianggap sebagai simbol bahwa pasar ini merupakan ladang mencari rejeki para pedagang, sehingga keberadaan pasar klithikan ini sangat penting bagi mereka. 

Di Pasar Sentir ada banyak barang bekas seperti buku, majalah, komik, uang kuno, sepatu, barang elektronik dan onderdil kendaraan. Lokasinya di Jalan Pabringan Selatan, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, tepat di sisi selatan Pasar Beringharjo.

Baca Juga: 5 Pasar Tradisional Kota Yogyakarta, Surganya Sepeda hingga Kuliner 

3. Pasar Niten Bantul

4 Pasar Klithikan di Jogja, Surga Berburu Barang AntikPasar Niten Bantul (instagram.com/faranacim)

Berlokasi di Jalan Bantul Km 5,5 Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Pasar klithikan Niten berada di satu lokasi dengan pasar tradisionalnya, sehingga pasar ini memiliki dua jam operasional.

Pagi hari 05.00--12.00 WIB, pasar ini menjual aneka kebutuhan pokok dan semacamnya, sedangkan pasar klithikannya buka di malam hari mulai pukul 16.00-22.00 WIB. Pasar di Kota Bantul ini sudah beroperasi sejak tahun 2008, lho.

4. Pasar Malam Kotagede

4 Pasar Klithikan di Jogja, Surga Berburu Barang AntikPasar Klitikan Kotagede (instagram.com/raf19)

Berbeda dari pasar klitikan Jogja lainnya, Pasar Klithikan Kotagede masih menjajakan barang-barang jualannya di pinggir jalan. Tepatnya ada di Jalan Purbayan nomor 172 Sayangan, Jagalan, Banguntapan, Bantul.

Buka dari jam 18.00-22.00 WIB, pasar klithikan di Kotagede ini menjual aneka barang bekas namun masih cukup bagus. Seperti elektronik, onderdil kendaraan, topi, sepatu, baju dan lainnya. Harganya juga cukup terjangkau sehingga pasar ini selalu ramai diserbu pengunjung. 

Itulah daftar pasar klithikan yang ada di Yogyakarta. Jangan lupa dicatat dan mampir untuk mendapatkan barang antik dengan harga terjangkau di sini. 

Baca Juga: Mengenal Pasar Legi Kotagede, Pasar Tradisional Tertua di Yogyakarta 

Natasha Wiyanti Photo Community Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya