Comscore Tracker

Profil Seto Nurdiantoro, Pelatih yang Sukses Bawa PSS ke Liga 1

Seto memiliki reputasi kepelatihan yang bagus bersama PSS

BRI Liga 1 musim 2022/2023 telah bergulir. Beberapa klub kembali ke kompetisi dengan skuad terbaik mereka dan rekrutan-rekrutan anyar guna mengarungi kompetisi teratas Liga Indonesia.

Tak sedikit transfer pemain maupun pelatih elit terjadi, tak terkecuali PSS Sleman. Sebelum bergulirnya musim baru BRI Liga 1, PSS kedatangan pelatih ikonik mereka, Seto Nurdiantoro. Pelatih  berusia 48 tahun tersebut kembali menukangi Laskar Sembada setelah sebelumnya sempat memimpin PSIM. 

Seto memiliki reputasi dalam lingkungan PSS Sleman karena memiliki peran yang krusial bagi tim berjuluk Super Elang Jawa tersebut. Berikut profil singkat Seto Nurdiantoro.

1. Lahir dan besar di Sleman

Profil Seto Nurdiantoro, Pelatih yang Sukses Bawa PSS ke Liga 1Pelatih kepala PSS Sleman, Seto Nurdiantoro (pssleman.id)

Matheus Seto Nurdiantoro merupakan pria kelahiran Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 14 April 1974. Seto mengawali karier sepak bolanya di PSK Kalasan yang merupakan klub tempat kelahirannya. Kemudian Seto bergabung bersama PSS Sleman pada tahun 1991 dan bertahan selama empat tahun.

Setelah meninggalkan PSS, Seto bergabung dengan PSIM Yogyakarta, tetapi Ia hanya bertahan satu tahun di klub rival tersebut. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut kemudian berlabuh ke Pelita Solo pada tahun 1996 dan bermain selama empat tahun. 

Pada tahun 2000, Seto berhasil menembus skuad timnas Indonesia dalam kompetisi piala Tiger dan keluar sebagai runner-up. Seto juga turut berpartisipasi pada piala Asia tahun 2000.

Setelah berpetualang cukup lama, pada 2001 Seto kembali ke klub masa mudanya, PSS Sleman. Bersama Marcelo Braga dan Deca dos Santos, Seto berhasil membawa PSS finis di peringkat empat Divisi Utama musim 2003/2004. 

Petualangan Seto ternyata belum berakhir, pada tahun 2006 Seto kembali meninggalkan PSS dan kembali membela PSIM Yogyakarta. Namun, Seto hanya bertahan satu tahun dan bergabung dengan Persiba Bantul hingga masa pensiunnya.  

2. Telah menukangi berbagai klub di Yogyakarta

Profil Seto Nurdiantoro, Pelatih yang Sukses Bawa PSS ke Liga 1Seto Nurdiantoro saat tangani PSIM. (ligaindonesiabaru.com)

Usai pensiun sebagai pemain, Seto mengawali karier kepelatihannya sebagai asisten pelatih pada tahun 2010. Seto kemudian menjabat sebagai pelatih PSIM selama dua musim pada tahun 2013-2015.

Pada tahun 2016 Seto juga sempat menjadi pelatih pra-PON Yogyakarta sebelum kembali ke PSS Sleman sebagai asisten pelatih pada 2017. Setahun bersama PSS sebagai Asisten pelatih, Seto lalu menjabat sebagai pelatih kepala dan berhasil membawa PSS menjuarai Liga 2 2018 sekaligus promosi ke Liga 1. 

Pada Januari 2020, Seto harus meninggalkan PSS dan memutuskan untuk melatih PSIM Yogyakarta. Seto gagal membawa PSIM promosi ke liga 1 setelah terhenti di semifinal. Pada 2022, Seto kembali ditunjuk untuk memimpin PSS Sleman untuk mengarungi BRI Liga 1 musim 2022/2023. 

Baca Juga: Menang Lawan Barito, Pelatih PSS Sebut Pertandingan yang Sulit  

3. Pernah didepak dari PSS Sleman

Profil Seto Nurdiantoro, Pelatih yang Sukses Bawa PSS ke Liga 1Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiantoro. (instagram.com/pssleman)

Pada Januari 2020 Seto secara mengejutkan harus didepak dari kursi kepelatihan setelah kontraknya tidak diperbarui. Seto yang berhasil membawa PSS Sleman promosi ke Liga teratas Indonesia harus digantikan oleh Eduardo Perez yang merupakan mantan asisten Luis Milla di timnas Indonesia.

Penyebabnya adalah karena negosiasi gaji yang tidak menemui kata sepakat. Seto meminta kenaikan gaji sebesar 50 persen, tetapi klub hanya sanggup menyanggupi sebesar 30 persen.

Dalam wawancaranya, Seto mengungkapkan bahwa setelah melakukan pertemuan dengan Direktur Utama, Direksi, dan Komisiaris klub, dirinya sedang mempertimbangkan penawaran yang diberikan oleh klub. Namun, secara mengejutkan posisinya telah digantikan oleh Perez sebelum ia memberikan keputusannya. 

4. Kembali melatih PSS

Profil Seto Nurdiantoro, Pelatih yang Sukses Bawa PSS ke Liga 1Seto Nurdiantoro kembali latih PSS Sleman. (instagram.com/pssleman)

Karier Seto berlanjut di PSIM Yogyakarta usai kontraknya tak diperpanjang oleh PSS. Di akhir musim PSIM gagal promosi ke Liga 1 dan hanya menempati posisi empat.

Setelah gagal membawa PSIM promosi, Seto memutuskan untuk tidak melanjutkan pekerjaannya sebagai pelatih PSIM dan sempat mengungkapkan keinginannya untuk beristirahat sebagai pelatih. Namun, pada April 2022 Seto secara mengejutkan kembali ke PSS didampingi oleh Ansyari Lubis sebagai asisten pelatih. 

Nah, itulah profil Seto Nurdiantoro yang pada musim ini kembali ditunjuk untuk memimpin PSS Sleman guna mengarungi BRI Liga 1 2022/2023. Akankah Seto bisa mengulang kembali kejayaannya bersama PSS Sleman? 

 

Baca Juga: Gol Tunggal Todd Ferre Buka Kemenangan Perdana PSS Sleman

Ilham Bayu Photo Community Writer Ilham Bayu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya