Rugikan Klub, Pengamat Sepak Bola Sayangkan Penghentian Liga 2

Kompetisi lga 2 menunggu keputusan KLB PSSI bulan depan

Yogyakarta, IDN Times - Kelanjutan kompetisi Liga 2 musim 2022/2023 belum menemui titik terang hingga saat ini. Keputusan penghentian Liga 2 dinilai merugikan klub yang serius siap berlaga di kompetisi. Keputusan kelanjutan Liga 2 baru diputuskan pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari 2023 mendatang.

Pengamat sepak bola, Imanuel Juliman menilai seharusnya kompetisi tetap bisa berjalan normal, baik Liga 1, Liga 2 hingga Liga 3. "Harapan saya digulirkan secara ideal. Liga 1 tetap ada degradasi, Liga 2 dilanjut ada promosi dan degradasi. Termasuk untuk Liga 3 bisa berjalan," ujarnya, Selasa (31/1/2022).

1. Banyak klub yang mempersiapkan dengan matang

Rugikan Klub, Pengamat Sepak Bola Sayangkan Penghentian Liga 2Pengamat sepak bola, Imanuel Juliman. (Dok.Istimewa)

Menurut Imanuel klub Liga 2 telah mempersiapkan dengan baik untuk menghadapi kompetisi. Penghentian tentu menjadi kekecewaan tersendiri. "Kasihan klub yang serius mempersiapkan baik dari finansial maupun pemain," ujar Imanuel.

Pemilik akun Instagram @imanueljjj ini tidak menampik, bahwa setiap klub mempunyai perbedaan kondisinya setelah penghentian kompetisi. "Ada yang masih memiliki finansial kuat, namun juga ada yang harus memulai perjuangan dari nol untuk kembali berkompetisi," ujarnya.

2. Lahirkan pemain berbakat

Rugikan Klub, Pengamat Sepak Bola Sayangkan Penghentian Liga 2Laga latih tanding antara PSIS Semarang dengan PSIM Yogyakarta di Stadion Moch Soebroto Magelang, Jumat (25/11/2022). (Dok. PSIS)

Terlepas dari kemampuan masing-masing klub, Imanuel menyebut bahwa kompetisi baik Liga 2 dan Liga 3 sangat penting untuk mengembangkan potensi pemain sejak dini. Tidak bisa dipungkiri banyak pemain yang berlaga di Liga 1 matang saat kompetisi di Liga 2 dan Liga 3.

Selain itu, pemberhentian Liga merugikan klub yang memiliki peluang untuk promosi. "Bagi yang menempati papan atas dan berpeluang promosi tentu dirugikan," ujar dia.

Baca Juga: Pertemuan Klub Liga 2 Tak Buahkan Hasil, PSIM Belum Kumpulkan Pemain

Baca Juga: PSSI Hentikan Kompetisi Liga 2, PSIM: Persiapan Kami Menjadi Sia-Sia 

3. Menunggu keputusan pada KLB PSSI

Rugikan Klub, Pengamat Sepak Bola Sayangkan Penghentian Liga 2Logo PSSI / Twitter @pssi

Kelanjutan Liga 2 musim 2022/2023 sendiri diusulkan bergulir kembali pada 24 Februari 2023 mendatang. Sistem yang digunakan dengan sistem gelembung (bubble) di wilayah Jawa Tengah. Namun, kemungkinan akan kembali jeda disebabkan bertepatan dengan agenda Piala Dunia U20 dan bulan puasa.

"Keputusan nantinya ada di KLB PSSI, yang akan menetapkan kelanjutan putaran nasional Liga 3 2022/2023. Termasuk keputusan adanya promosi degradasi di Liga 1 hingga Liga 3. Pada KLB PSSI juga akan ada pemilihan ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Exco PSSI untuk periode 2023-2027," pungkas Imanuel. 

Baca Juga: Penghentian Kompetisi Liga 2 dan 3, Bakal Turunkan Level Pemain

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya