PSSI Akui Beberapa Keputusan Wasit di Piala Menpora 2021 Keliru 

Final Piala Menpora dimulai besok Kamis (22/4/2021)

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengakui ada beberapa keputusan keliru yang dilakukan oleh wasit saat memimpin pertandingan di Piala Menpora 2021.  Untuk itu ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan akan segera mengevaluasi kinerja para wasit.

"Kami akan mengevaluasi dan mendalaminya," ujar Iriawan di Gedung Kemenpora, Jakarta, seperti dilansir Antara, Rabu (21/4/2021). 

 

 

 

Baca Juga: PSSI Pastikan Wasit Final Piala Menpora 2021 Berlisensi FIFA

1. Wasit istirahat sejak Maret 2020

PSSI Akui Beberapa Keputusan Wasit di Piala Menpora 2021 Keliru IDN Times/Fitria Madia

Kekeliruan yang dilakukan wasit menurut Mochamad Iriawan yang akrab dipanggil Iwan Bule, salah satunya disebabkan wasit sudah lama tidak memimpin pertandingan. 

"Wasit sudah lama tidak memimpin pertandingan dan karena itu pasti ada 'human error'. Satu setengah tahun bukan waktu yang sebentar. Jadi mungkin mereka sempat tegang.”

Piala Menpora 2021 merupakan kompetisi perdana para wasit setelah Liga 1 dan Liga 2 Indonesia dihentikan mulai Maret 2020 karena pandemi COVID-19.

2. PSSI akan ingatkan kinerja wasit

PSSI Akui Beberapa Keputusan Wasit di Piala Menpora 2021 Keliru Ilustrasi wasit. (Pixabay.com/planet_fox)

PSSI, menurutnya tidak pernah berhenti mengingatkan agar wasit untuk selalu tampil netral pada setiap pertandingan Piala Menpora 2021. Para wasit pun kerap ditanya apakah mereka menerima tekanan dari pihak tertentu atau tidak sebelum memimpin laga.

"Kami selalu menyampaikan supaya jangan berpihak. Ketika ditanyakan apakah ada tekanan, mereka jawab tidak ada. Kalau ada, tentu kami memberikan perlindungan. Namun, jika mereka mencoba untuk melakukan hal di luar ketentuan, tentu PSSI akan menindak wasit tersebut," kata Iriawan.

3. Final Piala Menpora dimulai besok Kamis

PSSI Akui Beberapa Keputusan Wasit di Piala Menpora 2021 Keliru Logo Piala Menpora 2021. ligaindonesiabaru.com

Saat ini, kompetisi Piala Menpora 2021 memasuki tahap babak final yang mempertemukan Persija dan Persib.

Pertandingan final akan digelar dalam dua pertandingan yaitu pada Kamis (22/4/2021) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, dan Minggu (25/4) di Stadion Manahan, Solo.

Sedangkan pertandingan tempat ketiga dilakukan 24 April 2021, antara PSS Sleman melawan PSM di Stadion Manahan, Solo. 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya