Comscore Tracker

PSIM Yogyakarta Versus Persik Kediri Berakhir Ricuh, 100 Orang Luka

8 orang dirawat di IGD

Yogyakarta, IDN Times-  Sekitar 100 penonton sepakbola harus mendapatkan perawatan medis pasca terjadinya bentrokan antarsuporter Persik Kediri dan PSIM Yogyakarta di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, Senin (2/9).

Dikutip dari kantor berita Antara, pertandingan terpaksa dihentikan dua menit sebelum berakhir karena situasi yang tidak kondusif.

Petugas PMI Kota Kediri Jaenal Arifin mengatakan, kebanyakan korban mengalami sesak napas, dan memar pada tubuhnya. 

" Korban luka sekitar 100 orang. Korban meninggal nihil. kebanyakan mengalami tulang rusuk retak, patah, sobek, karena terinjak atau jatuh," ujar Jaenal. 

 

1. Korban menderita retak dan memar

PSIM Yogyakarta Versus Persik Kediri Berakhir Ricuh, 100 Orang LukaAntara Foto/Prasetia Fauzani

Menurut Jaenal, sekitar 100 orang penonton yang mengalami retak dan memar di tubuh, beberapa di antaranya harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. 

" Beberapa korban yang dibawa atau dirujuk ke tumah sakit kondisinya masih sadar namun sudah tidak dapat bergerak. Namun yang masih bisa kita tolong langsung dirawat di tempat."

Baca Juga: Dua Anaknya Dilantik Jadi Anggota DPRD DIY, Ini Pesan Amien Rais

2. Petugas PMI mencari lokasi aman untuk merawat korban

PSIM Yogyakarta Versus Persik Kediri Berakhir Ricuh, 100 Orang LukaAntara Foto/Prasetia Fauzani

Untuk merawat korban, PMI harus mencari tempat aman. Pencarian lokasi aman penting dilakukan karena di sekitar stadion puluhan sepeda motor rusak dan terbakar. Sementara ini perawatan dilakukan di sekitar areal Taman Tirtoyoso Kota Kediri.

Selain menderita sakit, Jaenal mengatakan banyak dari mereka yang merasa haus dan kelaparan. Oleh karena itu pihaknya juga bekerjasama dengan beberapa instansi untuk menyediakan makanan dan minuman. 

" Tadi banyak suporter yang merasa haus dan lapar, jadi kami siapkan fasilitas air minum tersedia," ujarnya. 

3. 8 orang dilarikan ke rumah sakit

PSIM Yogyakarta Versus Persik Kediri Berakhir Ricuh, 100 Orang LukaAntara Foto/Prasetia Fauzani

Saat ini delapan orang dirawat di RSUD Gambiran Kota Kediri. Keterangan humas RSUD Gambiran, Nitrasari mengatakan delapan orang harus mendapatkan perawatan intensif di IGD. 

" Delapan orang saat ini harus mendapatkan perawatan intensif karena terkena pukulan benda tumpul dan tajam," ujar Nitrasari. 

Bentrok antarsuporter di Stadion Brawijaya, Kediri ini mengakibatkan ratusan penonton terluka, serta sejumlah kendaraan rusak. Walaupun pertandingan tidak dapat diselesaikan, kedudukan akhir PSIM Yogyakarta kalah 0-2 melawan Persik Kediri. 

Baca Juga: 5 Pemain Termahal dalam Bursa Transfer Musim Panas 2019/2020

Topic:

  • Febriana Sintasari
  • Yogie Fadila

Just For You