Kompetisi Liga 2 Disetop, PSIM Akan Tentukan Langkah Selanjutnya

Kompetisi dihentikan karena pandemik

Kota Yogyakarta, IDN Times - PSSI secara resmi menghentikan kompetisi Liga 1 dan LIga 2. Merespons keputusan itu, PSIM Yogyakarta segera menyusun langkah-langkah lanjutan menyikapi hal tersebut.

"Manajemen akan membahas hasil keputusan PSSI. Ini bakal menentukan bagaimana langkah kami untuk musim 2021," kata manajer PSIM David Hutauruk ketika dihubungi Antara di Jakarta, Rabu (20/1/2021).

1. PSIM berharap kompetisi bisa dapat izin

Kompetisi Liga 2 Disetop, PSIM Akan Tentukan Langkah Selanjutnyaseeklogo.com

David menambahkan pihaknya belum bisa menjabarkan rencana-rencana klub ke depan. Namun, PSIM berharap PSSI dan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) secepatnya bisa mendapatkan izin untuk melangsungkan liga musim 2021.

Pasalnya, kata David, izin itu dinilai penting bagi klub untuk mewujudkan semua agenda yang sudah mereka susun.

"Sejak awal dari kami ingin PSSI dan LIB lebih dahulu memastikan izin untuk kompetisi. Kalau izin dari kepolisian sudah pasti, baru kita semua bicara soal rencana ke depan bagaimana," kata David.

 

Baca Juga: PSSI Akhirnya Resmi Hentikan Kompetisi Liga 1 dan 2 

2. Keputusan penghentian kompetisi karena pandemi

Kompetisi Liga 2 Disetop, PSIM Akan Tentukan Langkah SelanjutnyaLogo PSSI. (Website/pssi.org)

Seperti diberitakan sebelumnya, PSSI resmi menghentikan Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2020. Keputusan itu diambil PSSI dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang digelar pada Rabu.

Penghentian kompetisi dilakukan alasan keadaan kahar (force majeure) akibat pandemi COVID-19 dan menetapkan tidak ada juara meski dua kompetisi tersebut sudah berjalan beberapa pekan tahun 2020 lalu

Selain tidak ada juara, PSSI juga menetapkan tidak ada klub yang didegradasi dari Liga 1 dan Liga 2 musim 2020. Oleh karena itu, semua tim peserta musim 2020 masih menjadi klub yang bersaing di Liga 1 dan Liga 2 musim 2021.

3. PSIM terima keputusan penghentian kompetisi

Kompetisi Liga 2 Disetop, PSIM Akan Tentukan Langkah Selanjutnyatwitter.com/PSIMJOGJA

Selain menghentikan kompetisi, PSSI mempersilakan klub untuk mengurus kontrak pemain sesuai dengan aturan keadaan kahar di masing-masing tim. Terkait hal itu, manajemen PSIM menegaskan bahwa mereka menerima kebijakan PSSI. "Kami melihat keputusan ini memang paling relevan dengan kondisi sekarang," kata David. 

 

Baca Juga: Pemain PSS Sleman Irkham Mila Minta PSSI Hentikan Liga Indonesia 2020

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya