Comscore Tracker

Yunahar Ilyas akan Dikebumikan di Lokasi Pemakaman Ahmad Dahlan

Pemakaman Karangkajen tempat peristirahatan tokoh besar

Kota Yogyakarta, IDN Times - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. KH. Yunahar Ilyas meninggal dunia pada tanggal 2 Januari pukul 23.47 WIB di RS. Sardjito Yogyakarta.

Menurut Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dr Agus Taufiqurrahman, jenazah Yanuhar akan disalatkan di Masjid Gedhe Kauman sebelum akhirnya dimakamkan di peristirahatan terakhir yakni di Pemakaman Karangkajen.

Baca Juga: Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas Tutup Usia

Yunahar Ilyas akan Dikebumikan di Lokasi Pemakaman Ahmad DahlanMakam KH Ahmad Dahlan di Pemakaman Islam Karangkajen Yogyakarta - Dok. Istimewa/muhammadiyah.or.id

Pemakaman Karangkajen merupakan pemakaman istimewa bagi masyarakat Yogyakarta. Sebab, lahan pemakaman yang terletak di kawasan Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta tersebut terkenal sebagai tempat pemakaman para pahlawan nasional dan tokoh penting lainnya.

Pendiri Muhammadiyah dan Pahlawan Nasional, KH Ahmad Dahlan, dimakamkan di Karangkajen. Ahmad Dahlam wafat pada tanggal 23 Februari 1923. Pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lafran Pane yang telah dianugerahi gelar Pahlawan Nasional juga dimakamkan di sana.

Selain Ahmad Dahlan dan Lafran Pane, Karangkajen juga menjadi pemakaman bagi Menteri Agama ke-2 Indonesia Fathurohman Fahrawi dan tokoh Muhammadiyah AR Fahruddin.

Baca Juga: Haedar: Muhammadiyah Kehilangan Figur Ulama yang Santun 

Topic:

  • Yogie Fadila
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya