Kamera Saku Jadul di Pasar Kangen Jogja Laris Manis 

Wow, 600 unit kamera terjual dalam sepekan!

Yogyakarta, IDN Times- Pasar Kangen Jogja 2019 benar-benar seperti time capsule yang bakal mengajak kamu kembali ke masa lalu. Bukan kuliner tempo dulu yang bikin kangen, ada juga barang-barang jadul yang ternyata masih diminati millennial.

Salah satunya kamera saku lawas yang dulu menjadi barang mewah untuk mengabadikan setiap momen berharga. 

Lalu, apa, sih, yang bikin yang menarik dari kamera ini?

1. Desainnya vintage, cocok jadi properti foto

Kamera Saku Jadul di Pasar Kangen Jogja Laris Manis IDNTimes/Holy Kartika

Beberapa bulan ini, kamera saku lawas mulai kembali nge-hype. Kamera dengan bentuk kotak, dilengkapi flash dan masih menggunakan roll film ini memiliki ciri klasik yang ternyata membuat anak millennial sekarang jatuh cinta.

Anton Susatyo Singgih, pedagang kamera saku lawas di Pasar Kangen Jogja mengatakan kamera tua ini mulai diminati lagi. "Bukan oleh generasi tua atau kolektor, malah dicari oleh anak-anak muda sekarang," ujar Sus.

Baca Juga: 9 Jajanan Jadul Pasar Kangen ini Ajak Kamu Balik Ke Masa SD

2. Harga dibanderol mulai Rp75.000

Kamera Saku Jadul di Pasar Kangen Jogja Laris Manis IDNTimes/Holy Kartika

Di lapak antik milik Sus, harga kamera saku jadul merek Fujifilm, Nikon, dan Canon ini dijual mulai dari Rp75.000 sampai Rp100.000. Kamera-kamera ini biasanya dijual di kawasan Kota Lama Semarang.

"Saya jual murah saja, lagipula pembelinya juga kebanyakan pelajar dan mahasiswa. Ada yang mahal, untuk beberapa merek tertentu, karena barangnya memang kuno sekali," jelas Sus.

3. Dijual online, harganya bikin ngiler

Kamera Saku Jadul di Pasar Kangen Jogja Laris Manis IDNTimes/Holy Kartika

Minat kamera saku jadul ini ternyata di luar dugaan, Dalam sepekan, Sus mengaku sudah menjual lebih dari 600 unit kamera dengan segala kondisi, baik yang berfungsi maupun yang tidak berfungsi. 

"Tadinya saya cuma bawa sekitar 400 unit kamera saja, tetapi makin laku keras setelah banyak yang tahu saya buka lapak di Pasar Kangen Jogja," ungkap Sus.

4. Sensasi belajar fotografi pakai roll film

Kamera Saku Jadul di Pasar Kangen Jogja Laris Manis IDNTimes/Holy Kartika

Reni, salah satu pembeli mengaku kamera ini sangat unik. Model desain kamera yang klasik dan vintage menarik untuk dijadikan properti foto. 

"Ada yang saya jadikan properti, tapi juga ingin latihan karena merasa tertantang coba pakai kamera ini. Karena kamera ini pakai film negatif untuk mencetak foto yang diambil," ujar Reni, mahasiswa salah satu perguruan tinggi negeri di Yogyakarta. 

Tidak heran harga murah kamera klasik ini juga menarik bagi mereka yang punya jiwa entrepreneur. Seperti yang dilakukan Deni, salah satu pengunjung Pasar Kangen Jogja yang membeli beberapa unit kamera saku lawas untuk dijual lagi di toko daring alias online shop.

"Ada teman titip dari Jakarta, katanya kamera ini banyak yang cari. Terus kalau dijual lagi di online, harganya bisa tinggi," ungkap Deni. 

Beberapa lapak online di sejumlah e-commerce memang mulai ramai dengan kamera saku lawas yang dipajang di etalase mereka. Harganya dijual bervariasi mulai dari Rp100.000 sampai Rp400.000 per unit.

Jadi, gimana kamu tertarik untuk belajar, buat koleksi, bisnis online kamera saku jadul, guys?

Baca Juga: 9 Hal Seru ini Bakal Kamu Temui di Pasar Kangen Yogyakarta 2019

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya