Comscore Tracker

Viral, Pameran Produk UMKM Pesparawi XIII di JEC Sepi Pengunjung

Semoga segera ramai, ya!

Bantul, IDN Times - Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XIII digelar di Yogyakarta pada 19-26 Juni 2022. Acara ini diharapkan turut menggeliatkan sektor pariwisata dan ekonomi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Salah satunya adalah pameran produk UMKM yang berlangsung di Jogja Expo Center (JEC)

Namun, akun TikTok @dhitssa menyoroti event di JEC yang sepi pengunjung. Video tersebut lantas viral di media sosial.

Baca Juga: Viral, Pengunjung Gumuk Pasir Parangkusumo Ditarik Rp100 Ribu

1. Sepinya pengunjung pameran produk UMKM viral di media sosial‎

Dalam video berdurasi 26 detik itu, suasana pameran produk UMKM di JEC tampak sepi pengunjung. Terlihat penunggu lapak atau tenant yang sibuk berbenah atau hanya duduk-duduk di kursi sambil bermain gawai. 

Pemilik akun @dhitssa mengaku sedih karena acara yang diselenggarakannya di JEC untuk membantu UMKM Jogja sepi pengunjung. 

"Kita sudah berusaha semaksimal mungkin, tapi gak tau kenapa malah sepi dari kemarin, gw kasian dan gak enak banget sama orang-orang yang jualan karena berharap jualannya laku karena ikut acara ini," tulis dia dalam unggahannya pada Senin (20/6/2022).

Video tersebut pun diunggah ulang oleh akun @Merapi_Uncover. Sampai berita ini diturunkan, video tersebut sudah menerima 130 ribu likes dan 2 ribuan komentar.

2. Sejumlah warganet beri respons

Viral, Pameran Produk UMKM Pesparawi XIII di JEC Sepi PengunjungPameran UMKM Pespawari Nasional XIII di JEC sepi pengunjung. (tiktok.com/@dhitssa)

Sejumlah warganet pun memberikan komentar atas unggahan tersebut. 

"I feel you, ini salah satu 'pahit'nya bikin event/ikut event. Dulu ga cuma sekali ngerasain keadaan gini juga," tulis akun Twitter @anggatama25_.

"Ini di JEC yaaa guyss, tempat kerja aku juga buka stand disini dan emang dari kemarin penjualannya baru sedikit," tulis akun TikTok @avivariskaaa. 

"Harusnya jadi bahan pelajaran buat EO juga tuh, gimana mereka preparing marketing dan nyari eksposure buat event mereka," tulis @jacky_pro.

3. Pameran produk UMKM di JEC ditangani langsung oleh event organizer

Viral, Pameran Produk UMKM Pesparawi XIII di JEC Sepi PengunjungPameran UMKM Pespawari Nasional XIII di JEC sepi pengunjung. (tiktok.com/@dhitssa)

Pranata Humas Kanwil Kemenag DIY, Bramma Aji Putra, mengatakan Pesparawi Nasional XIII yang digelar di DIY merupakan kegiatan yang ditangani langsung oleh Kementerian Agama (Kemenag) Pusat. Kanwil Kemenag DIY hanya sebagai tempat saja.

"Kita hanya ketempatan acara saja, sedangkan seluruh acara itu dihandel oleh Kemenag Pusat," katanya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa (21/6/2022).

Bram mengatakan kegiatan Pesparawi Nasional XIII tidak hanya pameran produk UMKM,  namun ada kegiatan lain seperti lomba paduan suara gerejawi yang dilaksanakan di Kampus UGM, Sanata Dharma, dan ISI Yogyakarta.

"Untuk pameran produk UMKM di JEC semuanya dikerjakan oleh event organizer (EO) dari pusat. Jadi kami hanya ketempatan acara saja namun tidak terlibat dalam kepanitiaan pameran produk UMKM," ungkapnya.

Baca Juga: Viral Mahasiswi Keperawatan Unggah Konten Bernada Pelecehan

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya