Comscore Tracker

Meriahnya Labuhan Mina Bahari 45 Pantai Depok Bantul

Ribuan nasi gurih dibagikan kepada masyarakat dan pengunjung

Bantul, IDN Times - ‎Sempat vakum dua tahun akibat pandemik COVID-19, tradisi Labuhan Mina Bahari 45 Pantai Depok kembali digelar pada Kamis (11/8/2022). Ribuan masyarakat dan wisatawan tumpah ruah di kawasan pantai yang terkenal dengan kuliner seafood-nya. ‎

Acara Labuhan Mina Bahari 45 dimulai dengan kirab kesenian dan budaya masyarakat di kawasan pesisir dari SDN Bungkus menuju Pantai Depok yang berjarak sekitar 700 meter. Di sepanjang jalan, masyarakat setempat tampak antusias melihat kirab tersebut.

1. Labuhan Mina Bahari 45 Pantai Depok digelar setiap bulan Suro pada Senin atau Kamis Wage

Meriahnya Labuhan Mina Bahari 45 Pantai Depok BantulLabuhan Mina Bahari 45 Pantai Depok. (Dok. Kominfo Bantul)

Ketua Koperasi Wisata Mina Bahari 45 Pantai Depok, Sutarlan, mengatakan kegiatan tradisi Labuhan Mina Bahari 45 merupakan kegiatan rutin tahun yang digelar setiap Senin atau Kamis Wage di bulan Suro.

"Labuhan ini memiliki makna tasyakuran atas penghasilan nelayan yang didapat dari hasil laut dan kunjungan wisatawan," ujarnya, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga: 3 Agenda Ritual Budaya Bantul akan Digelar saat Libur Akhir Pekan 

2. Uba rampe tidak dilarung namun dibagikan agar lebih bermanfaat‎

Meriahnya Labuhan Mina Bahari 45 Pantai Depok BantulLabuhan Mina Bahari 45 Pantai Depok. (Dok. Kominfo Bantul)

Menurut Sutarlan, labuhan nelayan Mina Bahari 45 merupakan pengharapan masyarakat di Pantai Depok agar dilancarkan rezekinya dan dijauhkan dengan bencana.

"Kita kemarin baru saja dilanda gelombang pasang yang menyebabkan kerusakan, semoga tahun depan tidak ada lagi bencana," ucapnya.

Labuhan Mina Bahari 45 pada tahun 2022 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab ubarampe berupa hasil bumi yang diusung saat kirab tidak dilarung ke laut. Namun justru dibagikan kepada masyarakat dan wisatawan yang datang.

"Harapannya ubarampe ini lebih bermanfaat bagi masyarakat dan pengunjung,"terangnya.

Sutarlan berharap dengan menurunnya kasus COVID-19, geliat wisata di Pantai Depok ini terus berkembang sehingga bisa mendongkrak ekonomi masyarakat setempat.

"Kita sempat puasa dua tahun akibat pandemik, dan saat ini momentumnya untuk bangkit lagi," ujarnya.

"Yang jelas setelah acara labuhan selesai masih ada pentas kesenian dan juga pembagian ribuan nasi gurih bagi masyarakat dan pengunjung," imbuhnya.

3. Kegiatan budaya diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan‎

Meriahnya Labuhan Mina Bahari 45 Pantai Depok BantulLabuhan Mina Bahari 45 Pantai Depok. (Dok. Kominfo Bantul)

Sementara Kasi Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan kegiatan Labuhan Mina Bahari 45 Pantai Depok ini diharapkan bisa menarik wisatawan untuk berkunjung. Meski demikian pihaknya tidak menargetkan jumlah kunjungan wisatawan.

"Kita tidak punya target kunjungan wisatawan namun diharapkan kegiatan budaya saat bulan Suro ini mampu mendongkrak kunjungan wisatawan," katanya.‎

Baca Juga: Pasca Diterjang Ombak, Sri Sultan Tawarkan Penataan Pantai Depok 

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya