Tampil Beda, Rakernis Logistik Polri Tonjolkan Budaya Jawa

Siap kawal tahapan Pemilu 2024

Yogyakarta, IDN Times - Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Logistik Polri 2023 mengusung kearifan lokal dalam pelaksanaannya di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center, Kamis (2/3/2023)--Jumat (3/3/2023). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini para peserta mengenakan pakaian adat Jawa Mataram.

Suasana dengan mengusung kearifan lokal tersebut juga nampak ketika Asisten Logistik (Aslog) Polri, Irjen Argo Yuwono membuka dengan bahasa Jawa. "Ing dinten injing meniko, kula bebingah amargi acara rakernis Slog Polri dipun laksanaken nganggeh busono budaya Jawi Ngayojokarto (Pagi hari ini saya sangat berbahagia karena acara Rakernis Slog Polri menggunakan budaya tradisional Ngayojokarto)," ujar Irjen Argo Yuwono, sekaligus menandai pembukaan dengan memukul gong.

1. Sinergi kepolisian dan UMKM

Tampil Beda, Rakernis Logistik Polri Tonjolkan Budaya JawaAsisten Logistik (Aslog) Polri, Irjen Argo Yuwono. (Dok. Slog Polri)

Rakernis Logistik Polri 2023 wujudkan perekonomian yang inklusif dan berkelanjutan, salah satunya melalui produktifitas pelaku (Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bersinergi langsung dengan fungsi logistik seluruh Polda di Indonesia. Menjadikan fungsi logistik memiliki peran penting terhadap peningkatan ekomoni yang berkelanjutan.

Tema besar yang diangkat dalam Rakernis Logistik Polri 2023 ini adalah 'Logistik Polri yang Presisi Siap Mengawal Tahapan Pemilu 2024, serta Mengamankan Agenda Nasional dan Internasional 2023 dalam Rangka Mendukung Peningkatan Produktifitas untuk Transformasi Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan'. Tema tersebut penuh harapan.

2. Mengawal tahapan Pemilu 2024

Tampil Beda, Rakernis Logistik Polri Tonjolkan Budaya JawaIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Diharapkan Slog Polri dapat secara penuh menggerakkan fungsi logistik seluruh Polda di Indonesia untuk mengawal tahapan pemilu 2024. Selain juga mengamankan agenda nasional dan internasional guna mendorong peningkatan produktivitas dan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. 

Irjen Argo Yuwono menegaskan bahwa Slog Polri memiliki tugas untuk membina serta menyelenggarakan manajemen logistik baik di tingkat pusat maupun kewilayahan dalam mendukung pembangunan nasional. 

Baca Juga: Kapolri Pastikan Personel-Alutsista Siap Kawal Pemilu 2024

3. Dorong untuk belanja produk lokal

Tampil Beda, Rakernis Logistik Polri Tonjolkan Budaya JawaIlustrasi UMKM. (IDN Times/Aditya Pratama)

Untuk mendorong peningkatan ekonomi inklusif dan berkelanjutan, Rakernis Logistik Polri sematkan arahan Presiden Joko Widodo untuk belanja produk lokal yang bertujuan untuk mendorong produktivitas pelaku UMKM seluruh Indonesia.

Bukan hanya, pelaku UMKM, Rakernis Logistik Polri kali ini pun melibatkan pelaku ekonomi kreatif untuk turut serta memeriahkan selama kegiatan berlangsung, yang juga diharapkan dapat menstimulus produktivitas. 

Baca Juga: Kekayaan Kepala Bea Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto Capai Rp15 Miliar

Topik:

  • Febriana Sintasari
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya