Atasi Kemacetan Polres Sleman Rekayasa Lalu Lintas menuju Objek Wisata

Candi Prambanan dan Kaliurang jadi titik perhatian

Sleman, IDN Times - Rekayasa arus lalu lintas akan diberlakukan di jalan-jalan menuju objek wisata jika terjadi kemacetan atau penumpukan kendaraan pada saat libur Lebaran.
Kepolisian Resor Sleman akan memantau Jalan Yogya-Solo di kawasan Candi Prambanan dan jalan utama menuju objek wisata Kaliurang saat libur Lebaran mendatang. Ruas jalan itu rawan kemacetan lalu lintas saat libur Lebaran mendatang.

1. Jalan Yogya-Solo juga menjadi pintu masuk ke DIY

Atasi Kemacetan Polres Sleman Rekayasa Lalu Lintas menuju Objek WisataCandi Prambanan (IDNTimes/Holy Kartika)

Kapolres Sleman, AKBP Achmad Imam Rifai, mengatakan khusus di Jalan Yogya-Solo di kawasan Candi Prambanan selain merupakan jalur akses menuju objek wisata Candi Prambanan, kawasan tersebut juga merupakan pintu masuk pemudik ke Kabupaten Sleman atau DIY dari arah timur.

"Apalagi adanya Tol Semarang-Solo, ada kemungkinan pemudik masuk ke Yogyakarta melalui Solo sehingga potensial terjadi kemacetan lalu lintas di wilayah Prambanan yang berbatasan dengan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah," katanya Rabu (27/4/2022). 

2. Antisipasi kemacetan, Polres Sleman berkoordinasi dengan Polres Klaten

Atasi Kemacetan Polres Sleman Rekayasa Lalu Lintas menuju Objek WisataIlustrasi petugas gabungan memeriksa kendaraan yang melintas di perbatasan wilayah Jawa Tengah dan DIY di Prambanan, Sleman. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Kapolres menambahkan kepolisian telah melakukan koordinasi dengan jajaran Polres Klaten untuk antisipasi kemacetan arus lalu lintas di wilayah Prambanan Sleman dan Prambanan Klaten.

"Antisipasi kemacetan arus lalu lintas ini pada saat arus mudik, arus wisata ke Candi Prambanan, dan arus balik nanti," katanya dikutip Antara.

Ia menuturkan pihaknya sudah menyiapkan jalur-jalur alternatif untuk mengurai kemacetan di wilayah perbatasan, yakni di Tempel dan Prambanan. "Jalur alternatif tersebut, yakni dari Tempel-Turi-Pakem-Cangkringan-Prambanan dan sebaliknya juga jalur Prambanan-Piyungan Bantul," katanya.

Baca Juga: Selama Arus Mudik Lebaran, Truk Pasir Merapi Dilarang Beroperasi  

Baca Juga: Hati-hati, 11 Titik Rawan Kecelakaan Terdapat di Temon-Yogyakarta 

3. Rekayasa lalu lintas juga diterapkan di objek wisata Kaliurang

Atasi Kemacetan Polres Sleman Rekayasa Lalu Lintas menuju Objek WisataIDN Times/Nindias Khalika

Ia mengatakan pihaknya menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas di kawasan wisata Kaliurang yang merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan pada saat hari libur

"Rekayasa lalu lintas di Jalan Kaliurang diberlakukan apabila terjadi lonjakan kunjungan di momen liburan Lebaran. Ketika terjadi peningkatan pengunjung wisata secara luar biasa di Kaliurang, akan diberlakukan satu jalan (one way) antara pukul 09.00 WIB dan 17.00 WIB," katanya.

Rekayasa satu jalan tersebut, yakni dari tempat pemungutan retribusi (TPR) Timur-Kaliurang naik ke atas dan di simpang empat tugu udang kendaraan dipecah.

"Wisatawan yang mau ke Tlogoputri ambil arah kanan menuju Jalan Astomulyo, sedangkan ambil kiri bagi wisatawan yang hendak ke Suraloka zoo. Dari jalan Astomulyo wisatawan juga bisa diarahkan ke Taman Kaliurang, Goa Jepang, maupun Gardu Pandang," katanya.

Arus pulang wisatawan Kaliurang akan diarahkan satu arah melewati Jalan Boyong di TPR Barat-Kaliurang ke arah Yogyakarta. "Rekayasa ini akan diterapkan apabila terjadi kemacetan parah pada liburan Lebaran pada tanggal 3—8 Mei 2022. Kebijakan ini melihat situasi di lapangan," katanya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya